Wawancara Dengan Desainer Ungkap Rahasia Dibalik Mainan Satria Heroes Bima-X Revenge of Darkness!

| Oleh: George | 10 Dec 2016 - 5:32 PM
802
0
wawancara kupaman dengan desainer mainan bima-x

Beruntung banget, pada event Bima-X Business Meeting tanggal 6 Desember lalu, Kupaman berhasil menemui Tatebayashi Toshi, General Manager R&D Bandai Namco Indonesia. Kepada Kupaman,Toshi-San banyak bercerita tentang filosofi desain dan pembuatan mainan baru Satria Heroes Revenge of Darkness Bima-X. Sedikit banyak, ada rahasia yang terungkap dibalik mainan Satria Series Bima-X Revenge of Darkness. Kita simak aja, yuk!

Kupaman (K): Kalau dilihat-lihat, banyak perbaikan dibanding mainan Bima-X yang dulu. Apa yang anda lakukan mengingat anda bukan desainer pertama untuk mainan Bima-X?

Tetebayashi Toshi (TT):  Wah, saya senang sekali kalau dibilang begitu. Begini, yang saya lakukan pada dasarnya adalah meningkatkan kualitas dengan tetap memperhatikan harga agar tetap terjangkau. Semua hal kami perhatikan sampai kepada kemasan. Misalnya pada kemasan Bima-X Action Pose kini menggunakan kemasan baru yang lebih menarik. Namun dengan desain khusus sehingga terlihat lebih besar, bisa digantung di etalase dan terlihat dari jauh namun sebenarnya menghabiskan material lebih sedikit. Sekaligus praktis ditumpuk.

kemasan mainan bima-x action pose baru

K: Nampaknya banyak teknologi baru diterapkan pada mainan Bima-X yang baru ini, ya?

TT: Ya, misalnya pada mainan Bima-X ST Changer kami menggunakan teknologi baru bernama Neon Injection sehingga bisa dilihat sendiri, hasilnya nampak lebih mewah karena warnanya lebih cerah dan mengkilat seperti ada metaliknya. Bahkan jika diraba, terasa lebih halus.

K: Seperti apa sih sebenarnya Neon Injection itu?

TT: Ya, teknologi ini baru pertama kali diterapkan untuk mainan Bima-X. Sebenarnya Neon Injection adalah teknologi baru yang ditemukan oleh Bandai. Bukan hanya pigmen (warna khusus) namun juga ada teknik rahasia untuk mencampurkannya dengan bahan baku hingga hasilnya seperti yang kita lihat. Karena tekniknya khusus, sulit ditiru bahkan jika pihak lain mengetahui komposisi kimianya. Karena hanya kami yang mengetahui tekniknya.

K: Wah, keren. Apa lagi yang anda coba terapkan?

TT: Saya sudah lama bekerja di Bandai, namun saya juga lama bekerja di bagian manufaktur. Jadi saya membawa pengalaman saya untuk saya terapkan di sini. Komitmen saya adalah bagaimana memberi kualitas terbaik dengan harga terjangkau, bukan sekadar memberi kualitas lebih baik namun konsumen membayar lebih. Pada Bima-X Action Pose yang baru, dipakai teknologi Mimaki Printing Technology sehingga tidak perlu menggunakan stiker lagi.

mainan action pose bima-x baru

K: Tapi bagaimana caranya menjaga harga tidak naik?

TT: Itulah kenapa Mimaki Printing Technology yang merupakan teknologi yang ditemukan Bandai diterapkan. Jika menggunakan pewarnaan dengan cat biasa atau tampo, diperlukan puluhan langkah untuk memberi warna pada Bima-X Action Pose. Sehingga harganya akan menjadi mahal, sekitar dua kali lipat dari harga sekarang. Dengan Mimaki Printing Technology, prosesnya menjadi hanya belasan kali saja sehingga harganya tetap murah. Menariknya, hasil cetakan Mimaki Printing Technology ini jauh lebih kuat daripada tampo. Coba saja gores dengan kuku warna pada Bima-X Action Pose. Pasti tidak akan terkelupas seperti jika menggunakan cat biasa (tampo). Hal ini sudah kami perhitungkan agar ketika anak-anak memainkannya, jatuh ke lantai dan tergesek, warnanya tidak tergores dan hilang.

K: Tapi kalau kita perhatikan, pada bahu Bima-X Action Pose ini sudah tidak ada lagi detail kostum seperti pada versi lama. Kenapa?

TT: Oh itu, ya? Itu disebabkan Mimaki Printing Technology tidak bisa mencetak permukaan bersudut tajam. Bahkan sebenarnya printer Mimaki Printing Technology dasarnya dalah printer dua dimensi. Dengan metode khusus, Bandai dapat mencetak pada permukaan lengkung. Jika kita perhatikan memang belum semua bagian tubuh tercetak warna. Nantinya kita harapkan Mimaki Printing Technology akan mampu mencetak seluruh permukaan tubuh Bima-X Action Pose.

Simak juga artikel DX Bima-X Figure Satria Heroes Bima-X Revenge of Darkness: Versi Terjangkau Figure Tokusatsu Live.