Walau Berperut Buncit dan Berkumis Tebal, Tebakan Yuk Berapa Umur Mario!

| Oleh: Yudi | 01 Oct 2016 - 8:15 AM
140
0
mario ternyata masih muda

Ketika bicara soal karakter game, mungkin salah satu yang terlintas dalam benak adalah sosok pria buncit berkumis dengan kaos merah dan baju terusan, serta topi berlogo huruf M. Ya, siapa lagi jika bukan Mario si tukang ledeng! Karakter ini muncul pertama kali di tahun 1981, dalam game arcade Donkey Kong. Mario semakin dikenal melalui game NES Super Mario Bros.

Berbekal konsep sederhana, Mario dengan cepat meraih popularitas. Hingga kini, Mario masih menjadi karakter game yang sangat ikonik. Terbukti dari kerjasama Mercy dan Mario untuk promosi, hingga kemunculan Perdana Menteri Jepang, Shinzō Abe, dalam upacara penutupan Olimpiade Rio 2016 kemarin yang ber-cosplay menjadi Mario.

umur asli mario sekitar 24 tahun

Mario juga berbeda dari karakter game lainnya. Dia tak memiliki kepribadian khusus–apakah jagoan, petualang, atau lainnya. Satu hal yang diketahui, bahwa dia adalah tukang ledeng. Meskipun Mario juga hampir tak pernah mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan saluran air. Intinya, Mario adalah Mario; dan semua bebas mendeskripsikan dia sebagai apa.

Namun pernahkan ada yang menebak-nebak berapa kira-kira umur asli Mario? Meskipun terdengar sepele, namun pasti banyak yang salah memberi jawaban. Apalagi jika melihat penampakan Mario yang terlihat seperti pria paruh baya dengan perut buncit dan kumis tebalnya. Jika ada yang menjawab Mario sudah tua, maka itu sebuah kesalahan.

Rupanya umur Mario masih berkisar di angka 20-an! Fakta menarik ini diungkapkan langsung oleh Shigeru Miyamoto, sang kreator Mario. Beliau mengatakan bahwa Mario sebetulnya masih berumur sekitar 24–25 tahun. “Kami tak membatasi karakter Mario dengan berbagai detail. Hanya satu yang kami putuskan, bahwa Mario berumur 24–25 tahun.”

fakta unik mario

Miyamoto menambahkan, dengan diketahuinya umur Mario, beliau dapat memunculkan Mario dalam game berikutnya tanpa perlu menambahkan backstory (latar belakang). “Dalam membuat game, kami menghindari backstory. Karena hal tersebut menyebabkan ketimpangan yang mempengaruhi cerita (di dalam game).”

Dengan keputusan ini, maka bisa dipastikan Mario akan selalu berumur 24–25 tahun di game apapun, meskipun dirilis tahun berapapun. Jadi meskipun perutnya terlihat buncit dan memiliki kumis tebal, ternyata Mario akan selalu awet muda. Nah, sekarang ayo jujur siapa yang awalnya mengira Mario sudah tua?