Wah, Serial Anime Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans Diprotes!

| Oleh: Yudi | 12 Nov 2015 - 6:30 AM
307
0
serial gundam: iron-blooded orphans

Rupanya bukan hanya di Indonesia saja serial anime mendapat masalah. Baru-baru ini, serial anime Gundam mendapat komplain dari sebuah situs yang berisikan keluhan penonton. Apa yang menyebabkan salah satu anime popular ini mendapat komplain?

Seperti yang telah diketahui, bahwa hampir seluruh serial anime Gundam bertemakan peperangan dan militer. Hanya ada beberapa seri yang bertema non-militer. Seperti Gundam Build Fighters yang berfokus pada mainan atau SD Gundam Sangokuden Brave Battle Warriors.

Karena bertema peperangan dan militer, maka sudah pasti dalam anime tersebut mengandung cerita atau adegan yang memperlihatkan kekerasan atau kematian. Namun siapa yang mengira bahwa serial Gundam terbaru, Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans (G-Tekketsu) ternyata memiliki tingkat kekerasan di atas rata-rata. Hal inilah rupanya yang memicu komplain dari penonton.

kekerasan di serial gundam: iron-blooded orphans diprotes

Serial anime yang baru berjalan sebanyak tujuh episode tanggal 15 November lusa ini sebelumnya memang mengundang kekhawatiran beberapa pihak karena temanya dinilai terlalu kontroversi. Gundam: Iron-Blooded Orphans mengambil tema child soldier (prajurit anak-anak) yang dilatih untuk melakukan pemberontakan dan perlawanan terhadap sebuah organisasi militer. Tokoh utama dalam serial anime ini adalah seorang anak laki-laki yatim piatu bernama Mikazuki Augus.

Kekhawatiran tersebut akhirnya berubah menjadi komplain dari BPO (The Broadcasting Ethics & Program Improvement Organization), semacam badan organisasi pengawas penyiaran. Dalam kolom keluhan di situsnya, muncul satu komplain yang kira-kira berbunyi sebagai berikut:

“Acara anime ini ditayangkan di waktu yang mudah ditonton anak-anak. Dan di dalamnya terdapat adegan pembunuhan yang dilakukan oleh pemuda yang menjadi tokoh utamanya. Jika melihat judul anime-nya, aku yakin ini ditujukan untuk anak-anak dan pasti banyak anak-anak yang menonton. Jadi seandainya anime ini ingin terus ditayangkan, setidaknya berikan batasan umur.”

anime serial gundam: iron-blooded orphans

Waktu tayang serial anime ini adalah hari Minggu jam lima sore di Jepang. Ini merupakan waktu di mana anak kecil dengan mudahnya menonton anime tersebut. Di Jepang sendiri sebetulnya ada waktu khusus untuk menayangkan anime yang banyak mengandung adegan kekerasan. Yaitu mulai pukul 11 malam hingga pukul dua pagi. Anime yang tayang pada jam tersebut biasa disebut anime tengah malam.

Belum ada kabar lebih lanjut apakah komplain yang dilayangkan BPO tersebut akan ditanggapi atau tidak. Namun harus diakui, di balik kekhawatiran dan komplain, jalan cerita dari Gundam: Iron-Blooded Orphans memang menarik. Bahkan tiga episode awalnya mendapat rating sangat baik.

.