Unik! Hidangan Tradisional Jepang Bertema Star Wars Untuk Tahun Baru

| Oleh: Yudi | 07 Sep 2016 - 12:00 PM
52
0
hidangan tradisional jepang ala starwars

Jepang dikenal sebagai negara yang terdepan dalam teknologi dan inovasi. Namun di sisi lain, mereka sangat menghormati kebudayaan dan masih berpegang teguh pada tradisinya. Berkat gabungan kedua hal tersebut, Jepang selalu berhasil menciptakan sesuatu yang berbeda dan unik, terutama dalam soal hiburan atau kehidupan sehari-hari.

Berbagai hal mereka sulap menjadi sesuatu yang modern tanpa meninggalkan sisi budaya atau tradisi. Contohnya seperti osechi ryori satu ini. Osechi ryori adalah hidangan tradisional Jepang yang disajikan ketika tahun baru. Di Indonesia, bisa dibilang ini seperti ketupat saat lebaran.

starwars rayakan tahun baru dalam menu tradisional jepang

Osechi ryori memiliki sejarah panjang dari Periode Heian (794–1185) hingga kini. Hidangan yang dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kesejahteraan ini mendapat sentuhan ala Star Wars tanpa mengurangi fungsinya sebagai hidangan tradisional bernilai sejarah. Osechi ryori selalu disajikan dalam kotak bertumpuk tiga seperti rantang, dan tiap tumpukannya berisi menu berbeda.

Tumpukan pertama dinamakan The World of Star Wars, berisikan milk mousse berbentuk R2-D2 yang diletakan di atas mashed sweet potatoes berwarna keemasan. Lalu ada Darth Vader yang dibuat dari kedelai hitam. Warna emas mewakilkan simbol kesejahteraan, sementara warna hitam mewakilkan simbol kesehatan.

Beralih ke tumpukan kedua yang dinamakan The World of the Light Side. Di mana dua android R2-D2 dan C-3PO terlihat berdiri di sebuah menu seafood, seperti gurita dan berbagai jenis kerang-kerangan. Menu seafood ini juga termasuk hidangan tradisional yang disajikan ketika perayaan musim panen.

Tumpukan terakhir bernama The World of the Dark Side. Bisa ditebak bahwa kotak ketiga ini berisi Darth Vader dan Stormtrooper yang disajikan bersama aneka ikan laut, telur salmon, dan kerang abalon. Hidangan di kotak ini melambangkan kekayaan dan umur yang panjang.

belle mansion siapkan tahun baru ala starwars

Ketiga menu ini disajikan dalam sebuah kotak berbentuk heksagonal (segi enam) berwarna hitam dengan hiasan bergambar Darth Vader di sampingnya. Tumpukan kotak ini nantinya juga akan dibungkus dengan kain (furoshiki) bergambar X-wing fighters dan TIE-fighters. Tak ketinggalan sumpit yang digunakan juga bernuansa Star Wars.

Set osechi ryori ini dibanderol seharga 24 ribu Yen (sekitar Rp 3,1 juta), sudah termasuk amplop (pochi bukuro) dan kalender tahun 2017 bertema Star Wars. Pemesanan sebelum tanggal 20 September 2016 akan mendapat diskon 10%. Pemesanan bisa dilakukan melalui situs Belle Maison hingga tanggal 27 November 2016, dan akan mulai diantar pada tanggal 29–30 Desember 2016.