Trek Die-Cast Aluminium Bikin Makin Wusss!

| Oleh: George | 04 Apr 2015 - 11:47 AM
525
0
Start juga diperhitungkan

Mobil-mobilan die-cast yang sudah modifikasi ekstrim buat balap ala komunitas Tomoci (Toys model collector Indonesia) kecepatannya sudah luar biasa. Ibarat mobil khusus balap, tentu sudah tidak cocok lagi menginjak aspal jalan raya. Namun membutuhkan tempat khusus yaitu sirkuit balap. Untuk itu dibuatlah trek khusus berbahan aluminium.

Die-cast modifikasi balap extreme custom ala komunitas Tomoci memang jauh dari spek die-cast standar. Maklum bobotnya sudah bertambah jauh lebih berat serta menggunakan roda dari bearing logam dan bemper ala Tamiya. Makanya kecepatannya juga sangat tinggi.

Panjangnya luar biasa

Nah, modifikasi berat seperti itu rupanya sudah tidak cocok lagi menggunakan trek standar Hot Wheels dari plastik berwarna orange. Trek plastik biasanya tidak kuat menahan bobot die-cast extreme custom yang berat. Akibatnya trek jadi terlalu lentur dan justru malah menghambat laju die-cast. Belum lagi penggunaan bearing logam buat roda dan bemper ala Tamiya cenderung membuat trek standar cepat rusak atau malah sobek.

Makanya diperlukan trek khusus. Di komunitas Tomoci mereka menggunakan trek berbahan alumunium. Konon benda ini aslinya adalah kusen alumunium. Dengan menggunakan trek alumunium ini trek jauh jadi lebih kokoh. Tidak ada lagi kendala trek terlalu lentur dan sobek sehingga membantu die-cast modifikasi extreme custom melaju lebih cepat dibanding dengan trek orange standar Hot Wheels.

Dipasang menurun

“Enaknya lagi, karena kokoh dengan mudah bisa disambung-sambung sepanjang mungkin. Malah pernah lebih dari 1 kilometer,” ungkap Pak Kemas, ketua komunitas Tomoci. Nah di komunitas Tomoci sendiri trek alumunium ini sering dijuluki trek downhill.

.