Toyota Membuat Mobil Asli Ala Manga Initial D

| Oleh: Yudi | 04 Jul 2016 - 7:15 AM
1507
0
initial d toyota ae86

Sebagai salah satu perusahaan dan pabrik otomotif terbesar di Jepang, Toyota cukup rajin menghadirkan mobil konsep. Sejak tahun 2013, Toyota juga melakukan kolaborasi dengan pembuat anime Mobile Suit Gundam untuk membuat mobil hatchback Auris limited edition bertema Custom Zakku II. Mobil yang terlihat seperti Itasha ini dijual sejak Oktober 2015 dengan harga sekitar 388 juta Rupiah.

Belum lama ini Toyota kembali membuat mobil prototype yang diinspirasi oleh manga berjudul Initial D–sebuah manga tentang otomotif dan balapan drift. Initial D termasuk manga popular yang telah diangkat menjadi anime dan game arcade drifting race. Cerita film Fast And Furious Tokyo Drift juga sedikit meniru manga ini.

mobil konsep initial d gt86

Dalam Initial D banyak sekali hadir mobil-mobil keren, mulai dari sport hingga muscle car. Salah satunya apalagi kalau bukan mobil Toyota AE86. Mobil ini menjadi sangat terkenal karena dipakai oleh karakter utama, Takumi Fujiwara. Dia melatih skill-nya di jalur pegunungan dengan mobil Toyota AE86 yang telah dimodifikasi. Mobil yang juga dikenal dengan nama Corolla GT Coupe ini sempat diproduksi tahun 1980-an.

Melihat kepopuleran mobil tersebut, akhirnya Toyota Inggris memutuskan untuk menghadirkannya dalam konsep yang lebih baru. Toyota menamakan mobil konsep ini dengan New Toyota GT86. Aslinya, GT86 telah diproduksi tahun 2012 dan merupakan mobil penerus dari AE86. Namun New Toyota GT86 ini tentu saja berbeda dengan GT86 yang biasa. Project mobil konsep ini dikerjakan langsung oleh tim Toyota UK.

Karena mengikuti yang ada di manga Initial D, maka nyaris seluruh bagiannya betul-betul sesuai dengan gambar manga-nya. Mulai dari warna monokrom hitam-putih ala panda, suspensi, sistem pembuangan, ban, carbon fibre, lampu, hingga detail-detail lainnya seperti tulisan Fujiwara Tofu Shop dalam huruf Jepang di bagian pintu samping. Semua dibuat sama dengan manga aslinya, namun dalam versi yang lebih baru.

spesifikasi mobil konsep toyota initial d

Tim Toyota UK bahkan telah menyiapkan kampanye promosi bergaya manga yang layout dan gambarnya dibuat oleh Sonia Leong. Sonia Leong menggambar background dan panorama hitam-putih ala manga yang menceritakan salah satu adegan paling terkenal dalam Initial D. Background dan panorama tersebut kemudian digabungkan dengan foto dari New Toyota GT86.

Sayangnya mobil konsep ini memang tak untuk diproduksi secara masal atau dijual. Jika penasaran dan ingin melihat mobil sport kharismatik ini dari dekat, satu-satunya cara adalah dengan menghadiri event Britain auto show yang digelar pada musim panas ini.

Simak juga Keren! Mobil Sport Toyota 86 Bertema Ultraman Resmi Dirilis di Tokyo Auto Salon 2017.

.