Tomoci: Komunitas Mainan Yang Identik Dengan Die-Cast

| Oleh: George | 26 Jun 2016 - 8:56 AM
613
0
swap meet tomoci bsd

Suka banget sama mobil-mobilan die-cast dan kepingin ngumpul dengan sesama penyuka die-cast? Kayaknya enggak salah kalau menyebut nama Tomoci, deh! Walaupun namanya merupakan singkatan dari Toys and Model Collector Indonesia, namun Tomoci memang lebih banyak dikenal sebagai sarangnya penyuka mobil-mobilan die-cast. Hebatnya lagi, komunitas ini sudah berdiri sejak 16 tahun yang lalu dan semakin berkembang.

Asiknya, komunitas yang diketuai oleh Pak Kemas Julius Michwan ini sangat terbuka. Artinya siapa saja boleh datang dan ngumpul di acara yang digelar Tomoci tanpa harus jadi anggota terlebih dahulu. Jadi kalau mau coba lihat-lihat dulu seperti apa kegiatannya, enggak usah sungkan-sungkan!

Tomoci punya acara khas yaitu Swap Meet yang selalu terjadwal. Di Swap Meet ini biasanya ada kegiatan jual beli atau barter die-cast yang diadakan para anggota Tomoci. Tentu saja sambil barter atau jual beli, banyak obrolan seru mengenai die-cast, jadinya pengetahuan kita bisa bertambah.

kegiatan swap meet tomoci

Biasanya juga Swap Meet, disertai dengan kegiatan balap die-cast. Untuk balapan die-cast ini, Tomoci juga punya sesuatu yang khas, yaitu balapannya selalu digelar menggunakan trek lurus panjang berbahan alumunium. Silakan daftar dan jadi peserta balap dan kalau menang, bisa memboyong hadiah.

Karena Tomoci sudah punya beberapa chapter, jadi bisa cari lokasi Swap Meet yang terdekat dengan rumah kita. Misalnya saja Swap Meet chapter Jakarta Utara biasanya di Mangga Dua Square tiap minggu ke-2 tiap bulan, Chapter Jakarta di Wisma Argo Manunggal tiap minggu ganjil tiap bulan dan chapter Tangerang biasanya tiap minggu ke-4 tiap bulan di BSD Square.

Seperti hari Sabtu 25 Juni 2016 kemarin, di BSD Square digelar Swap Meet Tomoci dalam acara Bazaar Mainan Anak Ngabuburit. Rupanya acara Swap Meet kemarin adalah bagian dari acara Road to 3rd Indonesia Die-Cast Expo (IDE), acara pameran die-cast yang awalnya digagas oleh Tomoci yang bakalan digelar 29-30 Oktober 2016 di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta. “Karena merupakan Road to IDE, maka banyak sekali perwakilan chapter Tomoci lain datang ke sini, makanya jadi ramai,” tukas Patrick O. Karim, koordinator Tomoci chapter Tangerang.

Enaknya bergabung di Tomoci, selain koleksi die-cast kita bisa cepat bertambah karena selalu bisa barter atau jual beli di Swap Meet, pengetahuan kita akan die-cast juga bisa meluas. Buat yang suka balapan, juga selalu digelar balap die-cast yang bisa diikuti segala merek die-cast. Jadi enggak usah nunggu-nunggu event balap die-cast.

balap die-cast tomoci

Buat yang senang koleksi, tren jenis die-cast yang sedang diminati oleh kolektor biasanya juga lebih mudah terpantau jika bergabung di komunitas ini. “Sekarang lagi pada ramai ngumpulin die-cast Hot Wheels model Chevrolet Bel Air. Awalnya memang saya yang memulai dan posting terus, lama-lama jadi banyak yang ikutan suka, “ kata Pak Andi Yuki Permana, salah satu anggota Tomoci.

Memang sih kebanyakan anggota Tomoci adalah orang dewasa. Tapi sebenarnya Tomoci terbuka bagi segala umur dan kalangan selama menyukai mainan. Perbedaan antara anggota Tomoci dan bukan anggota resmi pada saat Swap Meet hanya non anggota tidak dapat berjualan. Namun seluruh kegiatan lainnya dapat dikuti,” tegas Pak Kemas, ketua Tomoci.

Nah, siapa tau tertarik dengan komunitas ini silakan mampir dulu ke laman Facebook Tomoci. Kalau mau jadi anggota, bisa mengajukan lewat akun Facebook tadi dan tinggal mengisi form, menyertakan identitas dan biaya keanggotaan Rp 100 ribu.

.