Tips Pokemon GO: Mau Main Pokemon GO? Baca Dulu Panduannya!

| Oleh: Kylo | 16 Jul 2016 - 9:00 AM
997
0
nyari pokemon di pokemon go

Penasaran dengan game “Pokemon GO” yang sering diperbicangkan di media sosial  terutama oleh teman-teman di sekelilingmu? Bingung dengan apa itu Pokemon, bagaimana cara mencarinya dan menangkapnya? Penasaran ingin banget untuk memainkannya tapi enggak terlalu paham? Jangan khawatir Kupaman membuat 10 panduan untuk para pemain pemula Pokemon GO. Dijamin nggak ribet dan mudah dimengerti, deh!

Beda Dengan Game Pokemon Terdahulu
Pokemon GO didesain khusus untuk smartphone, jadi permainannya agak berbeda dengan game-game Pokemon yang ada sebelumnya. Setelah mendownload aplikasinya dan mendaftar lewat akun Google atau Pokemon Trainer, kita akan bisa langsung bermain Pokemon GO. Tentukan avatar Trainer yang diinginkan kemudian game sudah bisa dimainkan. Dengan menangkap Pokemon, mampir di PokeStop, bertanding di gym dan lain-lainnya, kita akan memperoleh experience (exp) dan jika telah cukup maka naik level.

tips main pokemon go buat pemula

Syarat                                                  Exp
Menangkap Pokemon                            100
Hasil tangkapan “Nice”                           10
Hasil tangkapan “Great”                          50
Hasil tangkapan “Excellent”                    100
Tangkapan bola melengkung                   10
Menetaskan telur 2km                            200
Menetaskan telur 5km                            500
Menetaskan telur 10km                          1000
Pokemon berevolusi                               500
Menemukan Pokémon baru                    500
Mengunjungi PokeStop                           750 atau 100
Berlatih di gym                                      Tergantung hasil akhir
Bertarung di gym                                  Tergantung hasil akhir

PokeStop dan Gym
Tips main Pokemon GO yang cukup penting adalah mengetahui tempat yang terlihat di peta. Ada dua variasi yaitu PokeStop dan gym. PokeStop yang berwarna biru dan gym yang seperti menara dengan di bagian atasnya terdapat sebuah Pokemon. PokeStop berguna untuk mendapatkan item-item seperti Poke Ball, Great Ball, Ultra Ball, Revive dan Potion. PokeStop yang telah di”putar” dan menjadi berwarna ungu akan kembali normal setiap lima menit. Jika PokeStop di peta terdapat seperti bunga sakura yang sedang berguguran berarti disana sedang dipasang Lure, item yang berfungsi untuk menarik Pokemon disekitar agar menghampiri PokeStop selama 30 menit. Fungsinya sama dengan item Incense namun efek Lure bisa dinikmati oleh pemain lainnya yang sedang berada di PokeStop yang sama.

Gym atau Pokemon Gym bisa kita kuasai atau tantang penguasanya saat itu kalau telah mencapai level 5. Pilih satu diantara tiga tim (Team Instinct yang berwarna kuning, Team Mystic berwarna biru dan Team Valor berwarna merah). Jika gym dikuasai oleh tim lawan maka kita bisa merebutnya dengan mengalahkan Pokemon yang ada disana. Tapi jika gym di kuasai oleh tim yang sealiran maka kita akan bisa berlatih untuk memperoleh exp. Merebut Gym Pokemon ini memang seru sampai-sampai ada yang rela mendayung ke tengah laut demi menguasainya.

menangkap pokemon di pokemon go

Menemukan Pokemon
Untuk menemukan Pokemon di game termasuk tips bermain Pokemon GO yang paling sering ditanyakan. Tenang, ada berbagai cara bisa dilakukan. Yang pertama yaitu dengan berkeliling ke wilayah-wilayah tertentu, bisa dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan. Yang kedua menunggu di satu tempat lalu menggunakan bantuan item untuk mengundang Pokemon agar menghampiri kita. Kemunculan Pokemon bisa dilihat dari peta ketika option “Nearby” muncul. Jika Pokemonnya sudah muncul di peta lalu tinggal “sentuh” mereka lalu dan kemudian tangkap dengan menggunakan Poke Ball.

Menangkap Pokemon
Tidak begitu susah untuk menangkap Pokemon. Jika di game handheldnya kita terlebih dahulu harus melemahkan Pokemon agar baru bisa ditangkap dengan menggunakan Poke Ball. Maka di Pokemon GO, pemain cukup melempar Poke Ballnya saja ke arah Pokemon. Jika Pokemonnya memiliki CP (Combat Power) yang rendah maka dengan lemparan yang tepat ia sudah bisa ditangkap.

Tapi jika CP-nya tinggi maka perlu beberapa Poke Ball untuk menaklukannya. Di tips bermain Pokemon GO ini, Kupaman berbagi acara lain untuk menangkap Pokemon dengan CP yang tinggi. Yaitu dengan menggunakan Great Ball yang baru tersedia di level 12, Ultra Ball yang baru terseda di level 20 atau dengan memberinya makan Razz Berry. Agar lebih mudah menangkap Pokemon yang ada matifkan fitur AR yang terdapat di bagian kanan atas layar.

Power Up dan Evolve
Pokemon yang telah kita tangkap bisa ditingkatkan lagi kemampuannya dengan menggunakan stardust dan candy. Stardust dan candy akan seketika kita dapatkan berbarengan dengan Pokemon yang telah kita tangkap. Ada beberapa Pokemon yang bisa dievolusikan seperti Doduo menjadi Dotrio dan Ratatat menjadi Raticate. Pokemon yang berevolusi akan memiliki CP jauh lebih besar yang akan sangat berguna untuk digunakan ketika bertarung di gym.

Menetaskan Telur
Ada satu lagi cara memperoleh Pokemon yang dengan Egg alias telur. Telur yang didapat di PokeStop bisa ditetaskan caranya dengan memenuhi syarat yang ada yaitu diletakkan di incubator lalu kemudian pemainnya berjalan sejauh 2, 5 atau 10 kilometer. Agar ketika sedang berjalan terdeteksi oleh gamenya, aplikasinya harus tetap terbuka ketika berjalan. Memang cara “curang” dengan menggunakan mobil enggak akan berlaku terutama jika mobilnya melaju diatas kecepatan normal orang berjalan kaki.

Mau tips brmain Pokemon GO yang lain? Simak Tips Pokemon GO: Cara Memperoleh Exp dan Level Up di Pokemon GO.

.