Tips Pokemon GO: Cara Menghemat Baterai Ketika Bermain Pokemon GO

| Oleh: Yudi | 19 Jul 2016 - 9:00 PM
618
0
tetap hemat baterai saat bermain pokemon go

Dalam artikel sebelumnya Kupaman telah memberikan tips memperoleh exp dan menaikkan level di Pokemon GO. Gampang-gampang susah memang, dan pastinya harus sabar. Namun selain butuh kesabaran, ternyata bermain Pokemon GO juga butuh baterai yang cukup agar smartphone bisa terus on. Percaya atau tidak, Pokemon GO dianggap sebagai game yang paling boros baterai. Oleh karena itu, kali ini Kupaman akan memberikan tips untuk menghemat baterai ketika bermain Pokemon GO.

Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu jika ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar baterai smartphone tetap hemat. Salah satunya adalah dengan merubah setting-an pada smartphone dan pada game Pokemon GO itu sendiri. Agar lebih mudah urutannya, Kupaman akan mulai dari merubah setting-an smartphone. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menghemat baterai ketika bermain Pokemon GO.

Pertama. Pastikan baterai smartphone kita sudah terisi penuh sebelum digunakan untuk bermain. Baterai penuh sangat penting agar kita bisa lebih lama bermain.

Kedua. Sesuaikan beberapa hal terkait tampilan layar. Matikan fitur auto-brightening dan auto-dimming. Kurangi juga tingkat keterangan layar agar tak memakan banyak daya.

Ketiga. Matikan semua fitur tak penting, seperti Bluetooth, WiFi, vibration dan background data. Kecilkan tingkat volume, atau gunakan headset. Tapi lebih bagus jika kita mengaktifkan mode silent, meskipun mungkin agak membosankan bermain tanpa suara.

Keempat. Aktifkan mode penghemat baterai (battery saver) smartphone kita.

setting smartphone bantu hemat baterai

Jika keempat langkah tersebut sudah dilakukan, sekarang saatnya berpindah ke setting-an pada game Pokemon GO. Seolah menyadari bahwa game ini akan menguras baterai, Niantic sudah menyiapkan beberapa setting-an yang bisa disesuaikan agar kalian bisa menghemat penggunaan baterai. Berikut yang perlu kita lakukan untuk menghemat baterai ketika bermain Pokemon GO:

Pertama. Masuk ke layar setting Pokemon GO dengan menyentuh logo Poke Ball di bagian bawah layar. Ikon setting terdapat di pojok kanan atas.

Kedua. Aktifkan pilihan battery saver dan matikan yang lainnya (music, sound effects, vibration) dengan melakukan tap di masing-masing pilihan. Tanda centrang menunjukkan bahwa pilihan telah diaktifkan.

Ketiga. Matikan fitur AR (Augmented Reality). Untuk yang satu ini baru bisa dipilih ketika kalian sedang menangkap Pokemon. Caranya dengan menggeser slider ikon AR yang terletak di pojok kanan atas.

Selain dengan melakukan setting pada smartphone dan game Pokemon GO, sebetulnya masih ada cara lain, yaitu dengan menggunakan offline map. Sebagai info, Pokemon GO menggunakan Google Map untuk bermain. Itu sebabnya kita harus mengaktifkan GPS saat bermain, padahal mengaktifkan GPS turut memperpendek daya baterai.

tips dan trik pokemon go

Namun kalian bisa menggunakan Google Map secara offline (tanpa mengaktifkan GPS). Untuk itu kalian harus lebih dulu men-download area map yang diinginkan. Caranya dengan membuka aplikasi Google Map di smartphone kita, masuk ke menu setting, dan tap di pilihan Offline Areas. Tekan ikon tambah, lalu tentukan wilayah yang ingin kita download. Jika sudah, pilih Download dan selesai.

Merasa ketiga cara tersebut terlalu rumit dan mengurangi keseruan kalian bermain? Tenang, masih ada satu tips lagi untuk mengatasi baterai yang cepat habis ketika bermain Pokemon GO yang dijamin lebih mudah dan sederhana. Kita cukup membeli sebuah power bank atau battery pack dengan daya dan kapasitas besar. Jadi kalau baterai hape kita sekarat, tinggal colokan kabel ke power bank atau ganti dengan baterai cadangan. Intinya jangan sampai kehabisan baterai ketika ada Pikachu di depan kita!

Nah, kalau sudah bisa bermain Pokemon Go lebih lama karena baterai lebih awet karena tips-tips di atas, jangan lupa tetap bermain dengan bijak, jangan kayak Homer Simpson di artikel Wuah, Homer Simpson Kecanduan Pokemon GO! ini, yah.

.