Tips LEGO: Yuk, Bikin Atap Kastil dan Bangunan Tradisional Pakai Kaki Katak!

| Oleh: Willy | 30 May 2016 - 2:19 PM
190
0
contoh part kaki katak untuk kreasi bangunan dari lego

Melihat judul di atas, mungkin sebagian pembaca bakalan heran, kok bikin atap bangunan pakai kaki katak? Ya, itulah LEGO! Sebagai mainan konstruksi yang nyaris bisa dibuat bentuk apa saja, konon hanya kreativitas yang membatasi bentuk apa yang bisa dibuat dari mainan ini. Jadi judul di atas bukannya salah ketik.

Makanya simak terus artikel ini, jangan meleng, ehehe! Untuk membuat atap, enggak selamanya kita harus punya part LEGO khusus untuk atap. Malahan untuk mendapatkan efek tertentu pada kreasi bangunan dari LEGO yang hendak kita buat, bisa jadi part standar LEGO khusus atap malah tidak cocok. Misalnya untuk membuat atap bangunan tua seperti kastil atau bangunan tradisional lainnya.

part lego berbentuk kaki katak

Makanya malah memerlukan part yang awalnya peruntukkannya lain sama sekali. Nah, ternyata part LEGO berbentuk kaki katak malahan cocok dipakai untuk membentuk atap bangunan klasik yang umumnya terdiri dari genting-genting kecil. Jadi bukan atap yang mulus rata kayak rumah modern. Misalnya kalau kita mau membuat kreasi kastil ala abad pertengahan atau rumah tradisional. Bahkan juga cocok untuk kreasi rumah tradisional Indonesia yang beratap sirap.

Nah, hanya saja yang Kupaman maksud disini adalah kaki katak yang dipakai oleh penyelam atau scuba driver, yah. Bukan kaki katak betulan! Kalau di LEGO, biasanya part ini adalah part pelengkap minifigure. Sering disebut swim fin atau juga minifig flipper. Kodenya sih macam-macam, tapi bentuk bendanya mirip-mirip saja, kok!

Nah, untuk menjadi atap bangunan jaman dulu, kaki-kaki katak alias swim fin alias minifig flipper itu penempatannya harus dibalik dahulu. Lalu baru part berbentuk kaki katak penyelam itu dan disusun-susun sedemikian rupa meniru susunan genting jaman dulu pada bangunan klasik. Bisa sejajar atau menyilang susunannya.

kreasi bangunan lego dengan part kaki katak

Cuma memang membutuhkan part berbentuk kaki katak dalam jumlah yang lumayan banyak tergantung besarnya bentuk bangunan yang kita buat. Makanya coba cari komunitas LEGO yang ada seperti Klub LEGO Indonesia, misalnya. Siapa tau ada yang menjual part tersebut dalam jumlah banyak.

Sebaiknya memang untuk membuat atap bangunan klasik ini menggunakan part kaki katak berwarna gelap, misalnya hitam atau minimal abu-abu. Nah, di foto-foto pada artikel ini ada bentuk kreasi bangunan yang menggunakan atap dengan part kaki katak. Tinggal tiru saja, deh!

Selain part berbentuk kaki katak ini, ternyata pin LEGO Technic juga bisa dipakai untuk atap, loh!

.