Tips Fidget Spinner: Posisi Pemberat Berantakan Bikin Putaran Enggak Karuan

| Oleh: George | 14 May 2017 - 8:36 PM
16560
0
posisi bearing pemberat fidget spinner enggak rata bikin putaran terganggu

Sebelumnya sudah pernah dibahas di Kupaman bahwa yang banyak berperan dalam menentukan kelancaran putaran fidget spinner adalah bearing yang berada di tengah poros. Makanya makin baik kualitas bearing yang digunakan, biasanya makin cepat dan lama pula putaran sebuah Fidget Spinner.

Tapi ternyata ada hal lain yang juga harus diperhatikan jika ingin putaran Fidget Spinner kita benar-benar lancar. Suatu hal yang agak tak disangka sebenarnya, yaitu bearing yang berfungsi sebagai pemberat/penyetabil di bilah Fidget Spinner.

dmeratakan posisi bearing pemberat fidget spinner

Berdasarkan pengalaman Kupaman sendiri ketika memainkan Fidget Spinner, ada yang aneh karena tiba-tiba putaran Fidget Spinner seperti tidak stabil dan bergoyang-goyang. Ketika bearing pada poros diperiksa, ternyata kondisinya bersih dan terpasang sempurna. Intinya semua baik-baik saja. Tapi kenapa putaran Fidget Spinner bisa geal-geol enggak karuan, ya?

Namun setelah diperhatikan lebih lanjut ternyata biang keladi permasalahan Fidget Spinner yang Kupaman mainkan putarannya jadi enggak stabil ada di bearing pemberatnya. Ketahuan kalau salah satu bearing pemberat posisinya nongol ke atas. Sementara bearing satu lagi agak terbenam. Jadi hanya satu bearing pemberat yang posisinya normal.

Hal kayak gini sepele banget, kan padahal? Namun secara tak disadari, bergesernya posisi bearing pemberat tersebut (yang bisa jadi karena Fidget Spinner kita jatuh dan membentur) ternyata cukup berpengaruh akan putaran Fidget Spinner yang kita mainkan.

cek kerataan bearing pemberat fidget spinner

Lalu gimana cara mengatasinya? Ah, itu sih, gampang! Kita sejajarkan saja lagi posisi bearing-bearing pemberat pada Fidget Spinner kita sampai posisinya serata mungkin. Cukup ditekan dengan saja, sudah bisa, kok. Jangan lupa amati hadilnya sampai dirasa cukup rata. Sekalian juga cek posisi bearing poros yang berada di tengah. Siapa tau posisinya juga sedikit bergeser. Rapikan posisinya dengan cara yang sama.

Setelah semua bearing pemberat dan bearing poros posisinya dirasa sudah sempurna. Coba deh spin lagi Fidget Spinner kita. Hasilnya pasti sekarang putarannya lebih halus dan rata. Selain enggak goyang-goyang, juga bisa berputar lebih lama, kan?

Buat yang lagi suka banget ngulik Fidget Spinner terutama bearingnya, jangan lewatkan Fakta-fakta Bearing Fidget Spinner: Bukan Cuma Soal Putaran Tapi Juga Soal Karakter!

.