Tips Die-Cast: Bikin Segar Die-Cast Usang Modal Bubuk Glitter

| Oleh: George | 18 Jul 2016 - 8:53 PM
873
0
cat kuku transparan dan bubuk glitter buat custom die-cast

Mobil-mobilan die-cast yang sudah usang bukan berarti harus dibuang alias berakhir di  tong sampah. Banyak juga pecinta die-cast yang kreatif dan melakukan custom alias modifikasi die-cast untuk balap atau modifikasi die-cast untuk tampilan. Biasanya sih, untuk mengejar tampilan die-cast yang keren dilakukan dengan jalan mengecat ulang.

Sayangnya cara tersebut cukup ribet karena die-cast harus bor dulu untuk dibongkar kelingannya, menghapus cat lama dengan soda api yang panas dan gatal di tangan serta melibatkan penggunaan cat semprot sebagai tahap akhir. Selain butuh banyak peralatan, juga butuh keahlian khusus sehingga tidak mudah untuk dilakukan bagi pemula, apalagi bagi anak-anak yang ingin mencoba.

aplikasi cat kuku transparan pada die-cast

Nah, kebetulan iseng-iseng Kupaman menaburkan glitter pada die-cast-die-cast lama yang sudah usang. Ternyata hasilnya lumayan bikin die-cast yang sudah usang sedikit tampil beda. Enaknya lagi, caranya mudah dan biayanya murah. Ini dia langkah-langkahnya!

Sediakan dulu bahan-bahan yang diperlukan. Paling bubuk glitter, warnanya sesuaikan saja dengan selera. Biasanya ada dijual di toko buku atau perlengkapan prakarya. Harganya bervariasi namun umumnya murah, sekitar Rp 2 ribu sampai 5 ribuan. Jangan lupa juga kuteks atau cat kuku warna bening atau transparan. Biasanya ibu-ibu tau dimana mendapatkannya. Minta beliin sama mama cat kuku transparan yang murah saja, tak perlu yang mahal. Harganya paling sekitar Rp 10 ribuan.

 

modifikasi die-cast dengan bubuk glitter

Siapkan die-cast yang hendak kita custom dengan bubuk glitter. Pastikan tidak ada debu atau yang menempel, di lap dulu juga boleh, kok. Lalu pelan-pelan kuaskan cat kuku warna transparan tadi pada permukaan yang kita inginkan. Enaknya, cat kuku sudah dilengkapi dengan kuas kecil. Usapkan agak tebal juga boleh, asal rapi dan merata sehingga tidak beleber kemana-mana

Dalam keadaan cat kuku transparan yang sudah kita kuaskan tadi masih basah, taburkan bubuk glitter yang sudah kita siapkan. Taburan glitter akan menempel dengan sendirinya pada cat kuku. Untuk membersihkan sisa glitter, jangan diusap karena akan membuat glitter yang sudah menempel rapi malah jadi berantakan. Cukup ketuk-ketuk halus saja mobil-mobilan die-cast pada permukaan lantai atau meja. Maka sisa bubuk glitter yang berlebihan akan lepas dengan sendirinya.

custom die-cast glitter

Sebaiknya, lakukan langkah tadi pada alas kertas sehingga sisa glitter yang jatuh masih bisa dikumpulkan dan dipakai lagi. Sambil periksa kembali apakah ada permukaan yang kita inginkan belum tertempel oleh glitter. Kalau ada, permukaan tersebut bisa diberi cat kuku kembali secara hati-hati dan tentu saja ditaburi bubuk glitter lagi.

Diamkan sejenak sekitar setengah jam untuk memastikan cat kuku benar-benar kering dan glitter sudah menempel kuat. Mencegah bubuk glitter yang sudah menempel rontok, kuaskan sekali lagi cat kuku transparan pada bodi die-cast yang sudah ditempeli glitter. Ingat, menguaskannya mengambang saja, alias jangan ditekan. Penguasan boleh diulang sampai dirasa aplikasinya sudah merata. Lalu tunggu sampai kering.

before dan after custom die-cast glitter

Sekarang, lihat sendiri hasilnya. Lumayan lah, dengan modal yang murah dan cara yang mudah, die-cast yang sudah usang jadi cukup tampil beda, kan?

Oh, iya, ada sedikit catatan, nih! Sebaiknya aplikasi glitter ini memang diterapkan pada permukaan bodi die-cast yang cenderung rata. Sebab bubuk glitter punya kencederungan menggumpal dan karena itu menghilangkan detail permukaan yang berlekuk. Jika diaplikasi pada permukaan yang rata, aplikasi glitter tebal sekalipun tidak masalah.

Buat yang suka mengoleksi mobil-mobilan die-cast, ada panduan soal skala pada artikel Panduan Die-Cast: Jangan Bingung Soal Skala, Ini Dia Penjelasannya!

 

.