Tips Die-Cast: Awas Asal Cuci Mobil-mobilan Die-Cast Bikin As Roda Berkarat!

| Oleh: George | 02 Sep 2015 - 6:33 AM
298
0
mencuci die-cast

Mobil ayah kalau kotor pasti harus dicuci biar kinclong dan wangi. Tapi apa iya mobil-mobilan die-cast kita juga perlu dicuci? Kalau enggak perlu, apalagi enggak tau caranya malahan bisa merusak die-cast kita, loh. Ini dia alasannya!

Nasehat untuk mencuci die-cast sebenarnya enggak sepenuhnya salah. Kayaknya tips ini berangkat dari ramainya penggunaan minyak untuk memperlancar putaran roda pada die-cast balap. Seringkali penggunaan minyak memancing debu untuk menempel. Makanya kalau sudah kotor banget, ya terpaksa die-cast harus dicuci. Maklum debu bercampur minyak menghasilkan kotoran lengket yang sulit dibersihkan.

tidak dikeringkan as roda die-cast berkarat

Masalahnya kalau nasihat untuk mencuci die-cast ini diterapkan secara umum. Padahal kalau enggak pernah main die-cast balap pakai minyak, harusnya kotoran bisa diusir cukup memakai kain kering atau paling-paling kain lembab saja.                                                                                                              

Nah, pertanyaannya kenapa enggak dicuci sekalian? Boleh aja sih, tapi kalau die-cast kita kotornya enggak kebangetan ya, jadinya kayak kurang kerjaan aja. Apalagi kalau kita enggak pernah pakai minyak untuk melumasi roda die-cast kita.

Lagipula harus diingat, as roda die-cast itu terbuat dari logam tipis yang tidak tahan karat. Perlakuan mencuci dengan sabun apalagi merendam memang bagus untuk menghilangkan sisa debu dan minyak. Namun resikonya kalau ada air tersisa, malah membuat as roda jadi karatan. Hasilnya bisa ditebak putaran roda terhambat. Boro-boro mau ngebut, deh! Kalau enggak percaya silakan lihat sendiri pada foto di atas, itulah akibatnya kalau die-cast asal dicuci tanpa dikeringkan dengan benar.

keringkan die-cast dengan hair dryer

Nah, makanya kalaupun terpaksa die-cast harus kita cuci, pastikan keseluruhan bagiannya kering. Bukan cuma bagian luarnya, tapi bagian dalam dan terutama bagian pertemuan roda dengan asnya. Karena sangat berpotensi air ngumpet di situ. Kalau bisa, selain dikeringkan dengan kain, usir juga air dengan hair dryer punya mama.

Lebih bagus lagi, walau sudah diyakini kering, coba mainkan di trek. Sisa-sisa air yang membandel semoga bisa keluar, lalu ulangi proses pengeringan dengan hair dryer. Kalau memang sudah biasa pakai minyak, teteskan lagi minyak di keempat as roda untuk mencegah karat. Sampai disini paham kan, kenapa jangan asal cuci die-cast? 

.