Tips Cosplay Untuk Pemula: Menentukan Karakter Itu Penting!

| Oleh: Yudi | 15 Aug 2015 - 7:05 AM
3801
0
cosplay kuroku no basuke

Memulai cosplay bisa dibilang susah-susah gampang. Hal pertama yang biasanya membuat bingung adalah menentukan karakter. Kecocokan karakter yang dipilih bisa menentukan kesuksesan ber-cosplay. Berikut ini ada beberapa tips untuk menentukan karakter dalam ber-cosplay.

Sesuaikan Budget
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menghitung budget. Bagi cosplayer pemula, ada baiknya jika memulai dengan karakter yang tak butuh banyak properti, seperti armor atau weapon. Pilihan sederhana, seperti seifuku (seragam) atau jersey club bisa menjadi alternatif. Banyak sekali karakter anime yang bisa dijadikan referensi untuk cosplay semacam ini. Sebut saja dari anime Love Live!, K-On!, Angel Beats, Kuroko no Basuke dan banyak lagi.

Mudah Didapat
Bicara cosplay berarti bicara kostum. Seorang cosplayer memperoleh kostum dengan membuat sendiri atau membeli yang sudah jadi. Biasanya cosplayer pemula memilih untuk membeli, karena memang lebih praktis. Namun tak semua kostum bisa didapat dengan mudah, apalagi jika karakter yang diinginkan kurang pasaran. Jadi ada baiknya memilih karakter dari anime yang sedang ramai atau terkenal untuk di-cosplay-kan. Karena kesempatan mendapatkan kostum akan lebih mudah.

cosplayer laki-laki naruto dan yu narukami

Kemiripan Fisik dan Sifat
Agar terlihat lebih cocok dengan karakter yang di-cosplay-kan, penting juga untuk memilih karakter yang fisik dan sifatnya mendekati fisik dan sifat si cosplayer. Untuk pemula, terutama bagi perempuan, carilah karakter yang pembawaan sifatnya periang atau lucu, karena lebih cocok dan mudah untuk dibawakan. Bagi yang laki-laki, bisa memilih karakter yang sedikit cool, cuek, atau sedikit datar.

Segi fisik juga mempengaruhi. Sebagai contoh, untuk perempuan yang fisiknya mungil, sedikit pendek dan berwajah imut, bisa mencoba karakter Card Captor Sakura atau Madoka. Sedangkan untuk laki-laki yang berbadan tegap dan tinggi bisa mencoba karakter Yu Narukami dari anime Persona 4.

Kenyamanan
Tampil pertama kali sering membuat cosplayer merasa gugup dan tegang. Belum lagi jika tempat berlangsungnya event sangat ramai. Maka si cosplayer harus mempertimbangkan karakter apa yang akan ditampilkan agar tetap merasa nyaman. Kembali lagi, cosplay-cosplay dengan kostum sederhana bisa menjadi pilihannya.

cosplayer seifuku atau seragam

Karakter Favorit
Sebagian besar cosplayer pemula memilih karakter favoritnya untuk di-cosplay-kan. Memang menyenangkan bila bisa menjadi karakter yang disukai. Namun ada baiknya kembali pada budget yang dimiliki, kemudahan mendapatkan kostum, kemiripan fisik dan sifat, dan kenyamanan saat ber-cosplay. Pilihlah karakter favorit yang sederhana dan mudah untuk di-cosplay-kan. Setelah makin sering dan mulai terbiasa ber-cosplay, baru melanjutkan dengan karakter favorit lain yang mungkin tingkatannya lebih sulit.

Original Character
Ini adalah alternatif lain yang masih mungkin dilakukan bagi cosplayer pemula. Yaitu dengan meng-cosplay-kan original character atau biasa disebut OC. Kelebihan dari ber-cosplay OC adalah kebebasan dalam menciptakan konsep karakter sendiri. Namun karena sifatnya yang orisinil, maka seringkali kostumnya juga harus didesain dan dibuat sendiri.

Itulah beberapa tips menentukan karakter untuk di-cosplay-kan pertama kali. Tentunya semua kembali pada selera masing-masing cosplayer. Namun bagi pemula sebaiknya mulailah dari yang sederhana. Sederhana bukan berarti jelek. Tak sedikit cosplay sederhana bisa terlihat lebih bagus dan cocok. Jangan lupa untuk selalu meminta atau mendengar masukan agar cosplay-nya bisa lebih baik. Selamat mencoba!

.