Tips Cosplay: Panduan Membeli Perlengkapan Cosplay Melalui Toko Online

| Oleh: Yudi | 04 Aug 2016 - 6:00 AM
526
0
membeli perlengkapan cosplay

Artikel mengenai tips cosplay yang terakhir diberikan oleh Kupaman membahas tentang membuat perencanaan cosplay atau cosplan (cosplay planning). Membuat perencanaan termasuk tahapan awal yang penting dilakukan. Hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan tersebut salah satunya adalah membeli barang-barang cosplay, baik perlengkapan, aksesoris, atau keseluruhannya.

Bagi cosplayer pemula yang masih belum memiliki keahlian atau pengalaman khusus dalam menjahit dan membuat kostum, membeli adalah pilihan terbaik. Saat ini aktivitas jual-beli umumnya dilakukan dalam dua cara, yaitu bertemu atau datang langsung ke toko dan via online. Untuk cara pertama rasanya tak ada masalah, karena kalian bisa langsung memilih dan melihat barang yang akan dibeli.

Namun bagaimana dengan pembelian via online? Jika kalian tak jeli dan asal beli, bisa jadi barang yang kalian terima tak sesuai dengan yang dilihat di toko online tersebut. Untuk itu, kali ini Kupaman akan mencoba memberikan beberapa tips untuk membeli barang-barang cosplay via online shop.

teliti dalam belanja cosplay online

Pilih toko terpercaya
Membeli via online adalah tentang kepercayaan, jadi awali semuanya dengan mencari toko online yang terpercaya. Jika kita betul-betul cosplayer baru dan tak tahu apakah toko tersebut bisa dipercaya, tak perlu bingung. Kita bisa cek reputasi mereka melalui testimonial dari pembeli-pembeli sebelumnya. Atau bisa juga dengan bertanya kepada teman dan komunitas cosplay agar diberikan panduan membeli perelengkapan melalui toko online atau malah diberi referensi toko online terpercaya.

Tanya seputar barang yang akan dibeli
Setelah menemukan toko online yang terpercaya, saatnya memilih barang-barang yang akan dibeli. Jangan ragu untuk bertanya pada pemilik toko online mengenai barang yang dijual atau yang akan dibeli, misalnya merk, ukuran, variasi, stok, harga, lama pengiriman, syarat pengembalian dan lainnya. Lebih baik banyak bertanya daripada salah ketika membeli perlengkapan cosplay melalui toko online, apalagi jika harganya mahal.

Buat perbandingan
Dalam prakteknya nanti, mungkin kita akan menemukan beberapa toko online yang menyediakan barang yang kalian cari. Agar lebih mudah untuk memutuskan membeli di mana, buatlah perbandingan. Misalnya bandingkan merk, harga, kualitas, cara pembayaran, garansi, atau lamanya pengiriman. Tapi jangan terlalu lama membandingkan dan bepikir, karena bisa jadi barang incaran kita justru sudah dibeli orang lain.

Pembayaran dan transaksi
Jika telah memastikan semuanya, maka hampir tiba di tahap terakhir, yaitu pembayaran. Rata-rata toko online mengharuskan untuk membayar uang muka lebih dulu antara 20–50%. Hal ini juga sebagai bukti kesepakatan transaksi. Untuk melunasi sisa pembayaran, kalian akan diberikan batas waktu. Usahakan lunasi sebelum dekat batas waktunya. Hindari melakukan cancel tanpa alasan terhadap transaksi yang telah disepakati.

cosplay praktis dengan membeli di toko online

Cek dan jalin komunikasi
Barang telah dipesan, pembayaran telah dilunasi. Maka sekarang adalah waktunya menunggu barang tersebut dikirim dan tiba di tangan kalian. Jangan lupa untuk selalu mengecek kiriman kalian dan jalin komunikasi dengan penjual. Agar jika terdapat sesuatu yang janggal bisa segera diselesaikan secara tepat dan baik-baik. Beri kabar juga pada penjual ketika barang sudah diterima.

Itu tadi beberapa tips untuk panduan membeli barang cosplay dari toko online. Susah-susah gampang memang, apalagi tak ada jaminan yang melindungi pembeli dari kerugian. Oleh sebab itu, ketelitian dan kejelian sangat diperlukan. Pastikan kalian meminta foto asli dari barang yang dijual di toko online tersebut. Cek kembali dan lakukan komunikasi dengan penjual, bahkan jika barang sudah diterima.

Tetap jaga etika dan sopan-santun dalam bertanya, meminta penjelasan atau melakukan transaksi. Dan jangan lupa berikan testimonial atau review terhadap barang dan toko online tersebut. Karena testimonial atau review kalian sangat berharga, baik bagi toko online dan calon pembeli lainnya. Selamat mencoba!

.