Tips Cosplay: Lewat Perencanaan, Cosplay Jadi Memuaskan!

| Oleh: Yudi | 03 May 2016 - 6:59 AM
315
0
membuat rencana cosplay

Dalam beberapa artikel sebelumnya, Kupaman pernah membahas tentang cosplay dan beberapa tips untuk memulai cosplay. Di antaranya adalah pengenalan macam-macam cosplay dan cara menentukan karakter yang akan kalian perankan saat ber-cosplay. Kali ini Kupaman akan kembali mencoba memberikan tips lain, yaitu tentang membuat perencanaan cosplay.

Perencanaan cosplay atau cosplan (cosplay planning) sebetulnya sangat penting untuk dilakukan. Melalui perencanaan ini, kalian akan lebih mudah untuk menentukan beberapa hal sebelum melakukan sebuah project cosplay. Biasanya perencanaan ini mulai dibuat setelah kalian menentukan karakter apa yang akan diperankan saat ber-cosplay nanti. Bagaimana cara membuat sebuah perencanaan cosplay? Berikut langkah-langkahnya.

Kumpulkan informasi
Langkah pertama dimulai dengan mengumpulkan berbagai informasi. Informasi ini bisa berupa foto atau gambar dari karakter yang akan kalian perankan. Jika kalian berniat menampilkan karakter ini dalam sebuah event, jangan lupa juga untuk mencari info tentang event tersebut. Misalnya seperti tempat, waktu dan tema event.

langkah membuat cosplay project

Buat daftar kebutuhan
Bicara soal cosplay, berarti bicara soal kostum. Setelah seluruh informasi mengenai karakter tersebut terkumpul, kalian bisa mulai memperhatikan kostumnya. Apa saja yang dibutuhkan untuk bisa memerankan karakter tersebut. Misalnya seperti wig, kontak lens, jaket, kaos, celana, rok, sepatu, atau aksesoris lainnya. Masukkan semuanya ke dalam daftar kebutuhan.

Membuat atau membeli
Untuk memenuhi daftar kebutuhan yang telah dibuat, biasanya terdapat dua cara, yaitu dengan membuatnya sendiri atau membeli yang sudah jadi. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan menentukan apa-apa saja yang bisa dibuat sendiri atau harus dibeli, kalian juga bisa memperkirakan berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk memiliki kostum tersebut.

Buat perbandingan
Membuat atau memodifikasi kostum sendiri memang lebih hemat, namun dibutuhkan keahlian dan waktu yang tak sebentar. Jika kalian memutuskan untuk membuat, kalian masih harus mencari informasi mengenai bahan kostum, di mana membelinya, bagaimana cara membuatnya, dan berapa lama waktu yang diperlukan.

Sedangkan membeli yang sudah jadi jauh lebih praktis dan relatif cepat, namun butuh biaya lebih besar. Sebelum membeli, cari informasi tentang penjual atau toko yang terpercaya, referensi harga, dan metode pembayarannya. Perbandingan ini membantu kalian menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi.

cosplan dengan aplikasi cosplanner

Buat prioritas
Setelah menentukan apa yang bisa dibuat sendiri dan apa yang harus dibeli, buatlah daftar prioritas. Daftar ini membantu kalian menentukan apa dulu yang harus kalian buat atau beli. Apakah akan membuat dari yang tersulit atau termudah dulu. Atau apakah akan membeli dari yang termahal atau termurah dulu. Kaitkan daftar prioritas ini dengan info event yang akan kalian hadiri, sehingga kalian bisa menentukan kapan seluruh kostum dan perlengkapan harus siap.

Mulai bekerja
Langkah terakhir adalah mulai bekerja berdasarkan daftar-daftar perencanaan yang telah kalian buat. Dengan perencanaan tersebut, kerja kalian akan bisa sedikit lebih mudah, terorganisir, dan bisa selesai sesuai target.

Bagaimana, cukup mudah bukan membuat sebuah cosplan? Langkah-langkah di atas adalah contoh bentuk perencanaan secara umum. Kalian juga bisa menambahkan atau bahkan membuat sendiri yang lebih sesuai. Kalian juga bisa membuat cosplan dengan bantuan aplikasi semisal Evernote atau Cosplanner, agar bentuknya lebih rapi. Yang jelas, sebuah perencanaan baik memang diperlukan untuk mencapai hasil yang baik. Selamat mencoba!

.