Tips Bermain Final Fantasy XV Bagi First-timer

| Oleh: Yudi | 02 Dec 2016 - 6:00 AM
875
0
tips bermain final fantasy xv

Baru beberapa hari Final Fantasy XV dirilis secara resmi, namun cukup banyak player yang telah menyelesaikan game ini dalam waktu relatif singkat. Bagi kalian yang belum atau baru akan mulai bermain, tak perlu terburu-buru. Gameplay Final Fantasy XV didesain sedemikian rupa untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggemar Final Fantasy maupun pemula.

Saat bermain pertama kali, tentu ada beberapa hal yang harus disesuaikan. Terlebih lagi game ini memiliki banyak perbedaan dari seri Final Fantasy sebelumnya. Berikut ada beberapa tips sederhana yang cukup membantu bagi kalian yang baru mulai bermain Final Fantasy XV.

final fantasy xv untuk pemula

Lewatkan sesi tutorial
Meskipun terdengar penting, namun kalian bisa melewatkan sesi tutorial karena cukup membosankan. Jangan khawatir kesulitan, karena beberapa quest awal akan membuat kalian terbiasa dengan battle system baru. Selain itu kalian juga bisa berlatih kapanpun ketika berkemah.

Jangan terpaku pada side quest
Mungkin kalian telah membuka beberapa side quest di awal game, namun bukan berarti kalian harus menyelesaikan saat itu juga. Kalian bisa menyelesaikan kapan pun, bahkan setelah menyelesaikan game.

Nikmati tiap perjalanan
Final Fantasy XV memiliki semacam fitur fast travel, di mana kalian bisa menuju ke lokasi quest, rest point, atau tempat lainnya di map secara instan. Tak ada salahnya menggunakan fitur ini, namun akan lebih baik jika menuju lokasi secara manual (berjalan, mengendarai regalia atau chocobo). Karena banyak hal menarik dan tak teduga yang bsia kalian temui.

Bicara ke pemilik restoran
Lokasi restoran ditandai dengan ikon sendok dan garpu. Kalian bisa membeli makanan, melakukan monster hunting atau sekedar mengobrol dengan pemiliknya. Jika kalian bicara dengan pemiliknya, maka dia akan memberitahu beberapa lokasi menarik di sekitar restoran.

Perhatikan semua hal
Ada banyak poster, buku, atau objek lainnya yang kemungkinan besar berhubungan dengan cerita utama. Pastikan kalian selalu memperhatikan dan memeriksa semua objek agar tak terlewatkan hal penting.

Jelajahi semua map
Tak perlu ragu untuk menjelajahi seluruh map, terutama area yang masih berwarna gelap/abu-abu. Dengan menjelajahi area tersebut, kalian juga bisa membuka side quest baru atau menemukan dungeon tersembunyi.

panduan final fantasy xv untuk pemula

Save game secara manual
Meskipun Final Fantasy XV memiliki sistem auto-save, namun tak ada salahnya jika kalian melakukan save manual secara berkala. Terlebih sebelum menghadapi monster yang kuat atau akan memasuki dungeon baru.

Pelajari teknik bertarung dan pilih senjata dengan tepat
Teknik seperti block, parry, warp attack, atau back attack akan mempermudah kalian mengalahkan monster. Jika teknik dasar ini telah dikuasai, lengkapi Noctis dengan berbagai senjata. Tiap monster memiliki kelemahan terhadap senjata tertentu, jadi pilih senjata dengan tepat.

Sesuaikan jarak kamera
Ada tiga jarak kamera, yaitu near, middle, dan far. Sesuaikan yang paling nyaman untuk kalian, karena jarak kamera cukup penting. Meskipun jarak kamera bisa dirubah kapan pun melalui option, namun ada baiknya jika dari awal kalian memilih jarak far.

Mendapat uang dan XP lebih cepat
Untuk mendapatkan uang lebih cepat, kalian bisa melakukan perburuan monster (bounty hunts) yang ada di setiap restoran atau poster. Sedangkan untuk mendapatkan XP lebih cepat, menginaplah di truk trailer, motel, atau hotel. Kalian akan mendapat 1.2 – 1.5x XP.

Pelajari Ascension Grid dan pilihlah dengan tepat
Setelah melawan monster atau menyelesaikan quest, kalian akan mendapat AP. Melalui Ascension Grid, AP tersebut bisa digunakan untuk menambahkan berbagai kemampuan para karakter. Rencanakan dan pilihlah dengan tepat kemana kalian akan menggunakan AP tersebut.

Nikmati permainan
Tak perlu bernafsu untuk menyelesaikan game, karena Final Fantasy XV memiliki berbagai fitur dan gameplay yang menarik. Nikmati semua yang telah disediakan dalam game ini dan bermainlah secara natural. Jika terlalu terburu-terburu, kalian mungkin akan melewatkan pengalaman dan keseruan sesungguhnya dalam Final Fantasy XV.

Jangan lewatkan juga Hajime Tabata Jelaskan Target Update Untuk Final Fantasy XV