Tiga Judul Anime Ini Berpeluang Meraih Nominasi Academy Awards 2017

| Oleh: Yudi | 13 Nov 2016 - 1:00 PM
452
0
kimi no na wa dijagokan untuk meraih nominasi animated feature film dalam academy awards 2017

Anime merupakan salah satu industri besar dan penting di Jepang. Anime juga memiliki pengaruh luas dalam fenomena perkembangan pop-culture. Setiap tahunnya, ratusan judul anime siap dirilis berbagai studio dalam beragam format dan media; seperti serial TV, DVD, Blu-ray, hingga layar lebar.

Tahun 2016 ini pun tercatat lebih dari 200 judul anime dengan total lebih dari 1500 episode akan dirilis hingga tutup tahun. Dari sekian banyak judul tersebut, tak sedikit anime yang memperoleh rating cukup tinggi, bahkan berhasil menguasai peringkat Box Office Jepang.

tiga anime ini akan mengikuti nominasi academy awards

Sebut saja anime popular yang beberapa bulan kemarin merilis judul baru untuk layar lebarnya. Seperti One Piece, Detective Conan, Crayon Shin-chan, Doraemon, Yokai Watch, hingga Yu-Gi-Oh. Belum lagi ditambah judul anime yang mendapat adaptasi live-action, seperti Terra Formars, Attack On Titan, atau Death Note.

Percaya atau tidak, namun popularitas anime ternyata telah merambah hingga ke ajang penghargaan tertinggi industri perfilman, yaitu Academy Awards. Tahun 2015, anime produksi Studio Ghibli, When Marnie Was There (Omoide no Mānī) berhasil masuk dalam nominasi Academy Awards untuk kategori Best Animated Feature.

Tahun ini, anime kembali berpeluang untuk masuk dalam nominasi Academy Awards ke-89 untuk kategori Animated Feature Film. Mereka adalah film CG-animated Kingsglaive: Final Fantasy XV, Miss Hokusai (Sarusuberi), The Red Turtle, dan tentu saja anime film karya Makoto Shinkai yang saat ini sangat ramai dibicarakan, yaitu Kimi no Na wa (Your Name).

kingsglaive final fantasy xv lengkapi daftar anime yang akan mengikuti academy awards

Di Jepang sendiri, banyak yang menjagokan Kimi no Na wa untuk memperoleh nominasi Academy Awards. Hal tersebut tak terlepas dari kesuksesan anime ini dalam memuncaki Box Office Jepang selama 11 minggu dan menjadi salah satu film dengan pendapatan tertinggi di Jepang. Keahlian Makoto Shinkai dalam meramu cerita juga menjadi salah satu kunci sukses anime ini.

Nantinya, keempat judul di atas akan bertarung dengan film animasi layar lebar lainnya, seperti The Angry Birds Movie, Finding Dory, Ice Age: Collision Course, Kung Fu Panda 3, The Secret Life of Pets, Storks, Trolls, Zootopia, dan masih banyak lagi. Perolehan nominasi akan diumumkan tanggal 24 Januari 2017. Sementara penghargaan Academy Awards akan digelar tanggal 26 Februari 2017.