The Adventure of Human Body di Summarecon Mal Bekasi: Seakan Masuk Dalam Tubuh Manusia

| Oleh: Dante | 11 Jan 2016 - 2:05 PM
270
0
bagian dalam adventure of human body

Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari fungsi fisik dan kimia jaringan organ, dan sistim organ dari suatu organisme. Lalu bagaimana Fisiologi tubuh manusia seperti suasana di bagian dalam tubuh dan apa saja fungsi dari organ-organ seperti jantung, hati, paru-paru dan lainnya? Nah, melalui wahana The Adventure of Human Body di lantai pertama Summarecon Mall Bekasi, kita bisa mempelajari Fisiologi tubuh manusia dengan secara unik dan seru.

Asiknya, hanya dengan Rp 30 ribu, kita akan bisa masuk ke ruangan besar yang bagian dalamnya didesain sedemikian rupa hingga membentuk berbagai organ-organ dalam tubuh manusia yang terbagi dalam beberapa area. Di sini kita akan bisa mempelajari bagian tubuh manusia mulai dari mulut hingga bagian saluran pembuangan.

Kita akan masuk melalui mulut dari sebuah patung manusia raksasa di bagian terdepan wahana. Dari sana kita akan menelusuri ke bagian organ dalam tubuh lainnya seperti pita suara, tulang rusuk dan paru-paru, jantung, hati, ginjal dan seterusnya.

melihat jantung di adventure of human body

Di dalam area-area yang agak gelap dan membingungkan ini, para pengunjung bisa mempelajari langsung bentuk dan fungsi organ-organ, lengkap dengan suara-suara khasnya. Salah satunya suara jantung yang terus berdetak. Di tiap area juga dipasang semacam poster penjelasan berikut “Fun” dan “Fact” tiap organ.

Bagian” Fun” merupakan pertanyaan umum mengenai area organ yang sedang kita kunjungi dan bagian “Fact” merupakan jawaban faktanya. Contohnya ketika Kupaman sedang berada di bagian Ginjal, tulisan “Fun”-nya berisi pertanyaan mengenai fungsi dari Ginjal. Sedangkan “Fact”-nya adalah jawaban fakta bahwa Ginjal adalah organ vital yang berfungsi untuk menyaring darah dan menjaga keseimbangan kimiawi dalam tubuh.

Berpetualang di The Adventure of Human Body selama sekitar 30 menit lebih terasa seru sejak pintu masuk hingga keluar. Selain karena terpesona melihat bagian dalam tubuh manusia yang tak pernah terbayang sebelumnya, juga karena wahana ini agak membingungkan karena settingannya mirip labirin.

Walau ruangannya agak gelap, namun terdapat benda-benda yang diwarnai dengan cat yang dapat menyala dalam gelap. Jadi para pengunjung tetap bisa melihat dengan jelas bagaimana bentuk jantung yang disekitarnya terdapat dua pembuluh darah arteri dan vena berwarna merah dan biru. Ada juga gambar berbagai jenis bakteri dan virus yang terdapat di dinding dengan warna warni yang berbeda pada area sistim imun.

adventure of human body summarecon mall bekasi

Selain memperlihatkan bentuk organ dan fungsinya, ada juga permainan yang bisa kita lakukan di dalam sana. Yaitu body puzzle dengan membongkar pasang organ yang terdapat di sebuah boneka peraga.

Bagi anak-anak kecil yang ingin mencoba wahana ini, ada baiknya didampingi oleh orangtua atau orang dewasa. Maklum  karena tempatnya agak gelap dan mirip labirin. Jadi mungkin ada beberapa anak kecil yang agak takut dengan suasana ruangan di dalam. Kupaman sendiri malah sempat tersesat di dalamnya selama beberapa saat sampai akhirnya ketemu juga jalan keluarnya, hehehe!

Buat yang tertarik dengan dunia medis atau bercita-cita untuk menjadi seorang dokter rasanya sayang jika melewatkan wahana seru dan menarik ini. Kupaman sendiri cukup puas karena selain penuh dengan unsur edukasi wahana ini juga menyenangkan.

The Adventure of Human Body hadir sejak 23 Oktober tahun lalu dan akan berakhir tanggal 31 Januari 2016. Wahana ini dibuka setiap hari, kalau mau mencoba serunya wahana ini sambil belajar dan berpetualang mengenal tubuh manusia, masih bisa datang ke Summarecon Mall Bekasi. Seru, deh!

.