Terinspirasi Pokemon GO, Sony Makin Serius Dalam Industri Mobile Gaming

| Oleh: Yudi | 07 Sep 2016 - 6:00 PM
124
0
sony semakin serius dalam mobile gaming

Dalam berbagai pemberitaan yang sudah sering didengar sebelumnya, Pokemon GO dikatakan sebagai salah satu game smartphone yang sangat sukses. Kesuksesan tersebut tak hanya dilihat dari banyaknya pemain, namun juga bagaimana game AR ini mampu membawa tren baru dan pengaruh, khususnya dalam bidang mobile gaming.

Berbagai pihak pun setuju jika game di bawah besutan Niantic Labs ini dianggap sebagai pemberi inspirasi banyak perusahaan developer game. Tak ubahnya dengan Sony, yang hingga kini masih sangat populer dengan mesin konsol PlayStation-nya.

sony akan bersaing dengan nintendo dalam mobile gaming

Terinspirasi dengan kesuksesan Pokemon GO, Hirai menegaskan bahwa Sony akan bersungguh-sungguh dalam membuat mobile gaming. “Kami akan bergerak lebih agresif untuk ini (mobile gaming),” ujarnya. Sony telah menunjukan keseriusannya sejak April lalu dengan membentuk divisi khusus mobile gaming bernama ForwardWorks Cooperation.

Ketika itu Sony berjanji akan menghadirkan game-game dan karakter populer dari PlayStation ke dalam mobile gaming. Namun dari awal dibentuknya divisi tersebut, belum ada satupun game yang berhasil ditelurkan. Padahal sudah banyak fans yang memberi masukan agar Sony merilis game seperti Fatal Frame Go atau Harry Potter.

Saat itu juga dikabarkan bahwa Sony turut bekerjasama dengan Capcom dalam mengembangkan mobile gaming. Terdapat tiga judul game adaptasi yang akan dirilis Capcom pada Maret 2017 mendatang, yaitu Monster Hunter, Sengoku BASARA, dan Mega Man. Tapi lagi-lagi hingga kini belum ada kabar lebih lanjut yang terdengar.

kerjasama sony dan capcom dalam mobile gaming

Sony akan bersaing dengan Nintendo yang lebih dulu meluncurkan Miitomo sebagai game smartphone-nya. Tahun depan, Nintendo akan merilis lima judul game lagi (termasuk Fire Emblem dan Animal Crossing) untuk smartphone. Persaingan akan semakin sengit, karena saat ini mobile gaming menjadi bagian yang sangat penting dalam pasar Jepang.

Tentunya banyak yang menanti pembuktian dari Sony. Nampaknya event Tokyo Game Show  tanggal 13 September nanti dirasa tepat untuk menjelaskan rencana mereka terkait mobile gaming secara mendetail. Selain mobile gaming, Sony juga dikabarkan akan mengumumkan konsol terbaru mereka, yaitu PS4 Neo yang akan dirilis minggu ini.