Suka Anime dan Tinggal di Seputar Jakarta? Gabung ke KOPAJA (Komunitas Pecinta Anime Jakarta) Aja!

| Oleh: Yudi | 22 Mar 2017 - 4:00 PM
367
0
gathering komunitas kopaja

Memiliki sebuah kegemaran atau hobi memang terasa lebih menarik dan seru jika bisa dilakukan dengan banyak orang. Hal inilah yang menjadi alasan dibentuknya KOPAJA, sebuah komunitas penggiat pop-culture Jepang, khususnya anime. Adalah ide dari Bagas, salah satu founder KOPAJA yang merasa bahwa para penggemar budaya Jepang di Jakarta memerlukan wadah yang bisa mendukung dan menyalurkan hobi mereka.

KOPAJA sendiri merupakan singkatan dari Komunitas Pecinta Anime Jakarta. Pemilihan nama unik ini ternyata juga punya ceritanya sendiri. Komunitas ini diawali dari sebuah group Facebook yang berisi orang-orang pecinta pop-culture Jepang. Setelah terisi cukup banyak, para founder akhirnya memutuskan mengadakan acara gathering pertama–yang saat itu bertepatan dengan event JJM (Jak-Japan Matsuri) 2012.

anggota komunitas kopaja in action

Dalam gathering tersebut, founder mengusulkan KOPAJA sebagai nama komunitas. Akhirnya usul tersebut diamini oleh anggota yang hadir dan pada tanggal 27 Agustus 2012 silam, komunitas ini resmi dinamakan KOPAJA. Kini, KOPAJA yang sedang berjalan ke tahun kelimanya sudah berhasil menjadi rumah bagi sekitar 200 anggotanya yang kebanyakan memang berdomisili di sekitaran Jabodetabek.

Umumnya sebuah komunitas, KOPAJA juga memiliki berbagai kegiatan inti. Salah satunya adalah acara gathering. Menurut pengakuan Bagas, mulanya gathering ini dilakukan rutin setiap bulan. Namun seiring kesibukan dari masing-masing anggotanya, maka belakangan ini waktu gathering disesuaikan menjadi dua bulan sekali. Meskipun judulnya komunitas pecinta anime, namun KOPAJA tak melulu bicara soal anime.

Sejak awal, KOPAJA terbagi atas empat divisi utama yang kesemuanya masih kental hubungannya dengan pop-culture Jepang. Mereka adalah divisi musik, cosplay, manga, dan sastra. Masing-masing divisi memiliki susunan dan perangkat organisasi serta program kerjanya sendiri. Posisi gathering yang sebelumnya disebutkan menjadi penting, karena saat itulah keempat divisi ini bisa memberikan laporan dan saling melakukan sharing.

cosplay komunitas kopaja

Selain dari gathering, komunikasi dalam KOPAJA juga biasa dilakukan melalui group chat atau forum diskusi dalam fanpage mereka di Facebook. Bagi yang ingin bergabung bersama KOPAJA, cara dan syaratnya tak sulit. Cukup hubungi mereka melalui fanpage Facebook-nya dan mengisi formulir yang akan diberikan saat menghadiri gathering. Meskipun kebanyakan anggota KOPAJA berkisar antara SMA hingga mahasiswa, namun komunitas ini terbuka untuk semua kalangan umur.

Buat yang mau kenalan lebih jauh, bisa mengunjungi Fanpage KOPAJA, ya!

Simak juga serunya Wawancara KOPAJA: Komunitas Unik Dengan Segudang Hal Positif.

.