Stand By Me Doraemon Kalahkan Avengers: Age of Ultron Dalam Daftar Box Office di Tiongkok

| Oleh: Joy | 05 Jun 2015 - 7:10 PM
46
0
doraemon dan nobita di film stand by me doraemon

Kata pepatah lama, lain padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Maksudnya hal yang sama tidak bisa berlaku di semua tempat. Nah, hal ini kayaknya yang terjadi pada Avengers: Age of Ultron. Di seluruh belahan dunia secara keseluruhan, boleh saja Avengers: Age of Ultron menepuk dada dengan pendapatan kotor (gross) sebesar lebih dari satu setengah milyar dolar, atau tepatnya $ 1.518.600.000.

Namun di Tiongkok lain lagi ceritanya. Di negeri Panda tersebut film lansiran Marvel yang secara promosi mendunia tersebut harus mengakui keunggulan si robot kucing lucu, Doraemon. Dalam soal pendapatan per minggu sejak diputar, Stand By Me Doraemon meraup 53 juta dolar pendapatan pada 5 hari pertama pemutarannya di Tiongkok. Sementara itu Avengers: Age of Ultron, film superhero ini hanya mampu meraih pendapatan sebesar 17 juta dolar dalam minggu ketiga pemutarannya di Tiongkok. Wah, jauh banget yah, bedanya?

Eits, tunggu dulu, bukannya Stand By Me Doraemon itu film tahun lalu ya? Nah sabar, makanya ingat pepatah lama di atas tadi, dong! Di banyak belahan dunia memang Stand By Me Doraemon sudah diputar tahun lalu, tapi di Tiongkok baru diputar minggu lalu, tuh! Malah Stand By Me Doraemon adalah film Jepang pertama yang diputar di Tiongkok sejak tiga tahun lalu. Alasannya, apa lagi kalau bukan ketegangan diplomatik antara Tiongkok dan Jepang soal sengketa wilayah perbatasan.

avengers: age of ultron disalip stand by me doraemon di tiongkok

Memang sih, secara keseluruhan Avengers: Age of Ultron membukukan keuntungan total sebesar 227 juta dolar dalam 20 hari pemutarannya di Tiongkok. Ini membuat Avengers: Age of Ultron pasti masuk daftar 10 besar film terlaris di Tiongkok. Namun Stand By Me Doraemon yang meroket dengan 53 juta dolar di 5 hari pertama pemutarannya bukan tak mungkin akan membukukan pendapatan lebih besar dari Avengers: Age of Ultron. Maklum Doraemon baru semingguan diputar di bioskop Tiongkok. Masih banyak kemungkinan nambah tuh, pendapatannya!

Apalagi untuk unggul di pendapatan secara keseluruhan di Tiongkok, Avengers: Age of Ultron dijamin masih jauh untuk menyalip sesama film Hollywood, Furious 7. Soalnya sampai akhir pemutarannya di Tiongkok, film ini membukukan pendapatan cukup fantastis, 390 juta dolar. Wah, rupanya penonton di Tiongkok unik dan punya selera khas, ya?

Kembali ke Stand By Me Doraemon, film animasi ini bukannya tidak menghadapi tantangan di Tiongkok. Koran-koran lokal terutama yang bersangkutan dengan partai komunis Tiongkok memuat berita yang menyebut Doraemon sebagai alat Jepang untuk penjajahan budaya. Namun fans Doraemon yang setia di Tiongkok rupanya tak bergeming dan tetap menyerbu bioskop.

Bahkan kesuksesan Doraemon ini kabarnya bukan hanya secara pendapatan bagi Jepang. Namun juga membantu meredakan ketegangan hubungan antara Tiongkok dan Jepang. Wah, selamat ya buat Doraemon, kamu memang hebat!

.