Square Enix Akan Kerjakan Game Final Fantasy X-3 dan Final Fantasy XVI

| Oleh: Yudi | 14 Nov 2016 - 12:00 PM
233
0
final fantasy x akan dibuat trilogi

Masih ada sekitar dua minggu lagi hingga game Final Fantasy XV dirilis. Namun Shinji Hashimoto, produser eksekutif dari Square Enix sekaligus manajer brand Final Fantasy, tak bisa menutupi keinginannya untuk segera mengerjakan project selanjutnya. Hal ini disampaikan Hashimoto dalam event Lucca Comic & Games 2016 di Lucca, Tuscany, Italia.

Dari sesi tanya-jawab yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, Hashimoto turut menyampaikan beberapa project terkait game Final Fantasy untuk masa mendatang. Setidaknya ada lima game Final Fantasy yang berniat beliau kerjakan, termasuk Final Fantasy X-3 dan XVI. Berikut adalah ulasannya:

rencana pembuatan final fantasy xvi

Final Fantasy XII: The Zodiac Age
The Zodiac Age merupakan judul remaster dari game Final Fantasy XII (PS2) yang akan dirilis untuk PS4. Game ini hadir dengan beberapa peningkatan, salah satunya grafik HD. Belum ada jadwal resmi kapan Final Fantasy XII: The Zodiac Age akan dirilis. Namun Hashimoto berharap game ini bisa dirilis secepatnya untuk merayakan ulang tahun Final Fantasy XII yang ke-10.

Final Fantasy VIII Remake
Judul remake dari game PSX ini awalnya akan dihadirkan untuk PS2, namun di-cancel dan dijadikan game untuk PS4. Hashimoto menjelaskan bahwa pihaknya sedang bekerja keras menyelesaikan project ini dan meminta penggemar untuk bersabar sebentar lagi. Beliau juga membantah rumor yang mengatakan game ini akan rilis tahun 2017.

Final Fantasy X-3
Ini merupakan trilogi dari Final Fantasy X/X2 yang pernah dirilis untuk PS2. Meskipun belum pasti, Hashimoto menyatakan kemungkinan Square Enix untuk mengerjakan game ini. Pernyataan ini tak lepas dari penjualan gemilang Final Fantasy X/X2 HD Remaster. Namun beliau lagi-lagi meminta penggemar untuk bersabar.

Pasalnya, para produser yang akan mengerjakan game ini masih sibuk dengan pengerjaan game Final Fantasy lainnya; sehingga tak mungkin mengerjakan beberapa project secara bersamaan. Hashimoto juga menyadari bahwa karakter FFX (Yuna dan Tidus) begitu popular dan akan melanjutkan cerita mereka.

beberapa judul game final fantasy akan mendapat lanjutan cerita

Final Fantasy XIII
Setelah merilis tiga judul dari Final Fantasy XIII (Final Fantasy XIII, Final Fantasy XIII-2, dan Lightning Returns: Final Fantasy XIII), Square Enix menilai hasilnya cukup memuaskan. Namun Hashimoto mengatakan bahwa Square Enix tetap berfikir untuk melanjutkan cerita dari sang jagoan utama, Lightning, dengan pendekatan berbeda.

Final Fantasy XVI
Berkaca pada Final Fantasy XV yang berhasil menghadirkan gameplay berbeda (konsep open-world dan battle system baru), Hashimoto menegaskan bahwa tak berarti Final Fantasy XVI akan menganut gameplay yang sama. Menurutnya, ada banyak hal yang harus ditentukan dan disesuaikan ketika membuat judul Final Fantasy yang baru. Hal ini dimaksudkan agar Final Fantasy bisa memberikan pengalaman berbeda di setiap judul terbarunya.

Selain Final Fantasy, Hashimoto juga menyinggung tentang Kingdom Hearts. Beliau mengonfirmasi bahwa Kingdom Hearts HD 2.8 tak akan mendapat lanjutan ke HD 2.9–melainkan berlanjut ke judul baru, yaitu Kingdom Hearts III. Beliau menambahkan bahwa play-time game ini terbilang cukup singkat, namun semua kembali ke bagaimana cara player bermain.