Sony Umumkan Dua Konsol Terbaru Dalam Event PlayStation Meeting 2016

| Oleh: Yudi | 09 Sep 2016 - 6:00 PM
270
0
playstation 4 pro

Misteri kemunculan PS4 Slim yang sempat membuat heboh para gamer akhir Agustus kemarin akhirnya terkuak sudah. Persis sesuai dugaan, melalui event PlayStation Meeting 2016 di New York yang berlangsung sejak Senin kemarin, Sony resmi mengumumkan kehadiran konsol baru tersebut lengkap dengan tanggal perilisan dan harganya.

Sebagaimana yang telah diberitakan juga sebelumnya, bahwa pihak Sony sedang berusaha serius dalam industri mobile gaming setelah terkesan dengan kesuksesan Pokemon GO. Namun konsol PlayStation yang umurnya sudah mencapai 21 tahun tentu saja tetap menjadi fokus utama mereka.

playstation 4 slim

Hal ini dibuktikan dengan perilisan dua konsol terbaru mereka, yaitu PS4 Slim dan PS4 Pro. Penampakan PS4 Slim sudah lebih dulu bocor melalui sebuah situs lelang asal Inggris. Model PS4 Slim sudah mendapat pengurangan volume sebesar 30% dan berat sebesar 25% dari versi PS4 pendahulunya. Sony menyatakan bahwa model yang lebih ramping ini akan menjadi standar model baru.

Kembarannya, PS4 Pro–yang sebelumnya sempat dinamakan PS4.5/PS Neo, tampil dengan bentuk menyerupai PS4 versi awal, namun dengan spesifikasi lebih powerful. Rumor yang mencuat pada event E3 Juni lalu pun terbukti. Salah satu perubahan signifikan dan keunggulan PS4 Pro terletak pada kemampuannya memproduksi gambar dengan kualitas super tinggi, yakni resolusi 4K.

Tak hanya kualitas gambar, PS4 Pro juga mendapat upgrade GPU, CPU, dan kapasitas Hard Drive yang kini mencapai 1 TB. Sony juga melakukan re-patch game PS4 agar kompatibel dengan sistem PS4 Pro demi mendapatkan pengalaman bermain terbaik. Beberapa game yang telah di-re-patch adalah Horizon: Zero Dawn, Call of Duty: Infinite Warfare, Modern Warfare Remastered, dan Black Ops III.

Enggan kehilangan momentum, Sony turut memperkenalkan wireless controller terbaru untuk PS4, dan PlayStation Camera. Wireless controller bernama DualShock 4 tersebut hadir dengan desain dan fitur baru–dapat dihubungkan dengan USB atau Bluetooth. Perubahan desain juga diaplikasikan kepada PlayStation Camera terbarunya, dengan bentuk bulat dan dudukan yang bisa diatur.

wireless controller ps4 terbaru

Jelang periode liburan musim dingin nanti, Sony juga berencana merilis wireless headset terbarunya bernama Platinum Wireless Headset–yang merupakan penerus dari versi sebelumnya, yaitu Gold Wireless Headset. Platinum Wireless Headset dibekali teknologi dan fitur canggih untuk menjamin kenyamanan dan kualitas suara terbaik. Headset ini akan dijual seharga 18 ribu Yen (sekitar Rp 2,3 juta).

PS4 Slim mulai dijual tanggal 15 September 2016 di Amerika Utara, Eropa, dan Jepang dengan harga 29.980 Yen (sekitar Rp 3,8 juta). Untuk PS4 Pro yang dibanderol seharga 44.980 Yen (sekitar Rp 5,7 juta), harus bersabar hingga dirilis pada tanggal 10 November 2016. Sedangkan wireless controller dan PlayStation Camera terbaru juga akan tersedia tanggal 15 September 2016 dengan harga 5.980 Yen (sekitar Rp 760 ribu).

Jangan lewatkan PlayStation Experience 2016 Hadirkan PaRappa the Rapper dan Trilogy Crash Bandicoot Untuk PS4.