Sony Akan Rilis Game Smartphone Pertamanya Tahun 2018

| Oleh: Yudi | 16 Oct 2016 - 12:00 PM
257
0
sony akan merilis game smartphone tahun 2018

Sony kembali buka suara terkait rencananya untuk memasuki pasar game smartphone. Ini adalah kesekian kalinya salah satu raksasa elektronik asal Jepang tersebut memberikan pernyataan mengenai keseriusannya dalam mobile gaming. Terinspirasi kesuksesan Pokemon GO, CEO Sony, Kazuo Hirai, mengungkapkan bahwa pihaknya akan lebih agresif.

Meskipun semua yang diutarakan Sony terlihat masih abu-abu, namun mereka sebetulnya memang tak main-main. Sejak April kemarin, Sony telah sibuk membuat divisi khusus mobile gaming hingga menggandeng beberapa developer game ternama, seperti Capcom.

game populer playstation jadi andalan sony dalam mobile gaming

Maret 2018 menjadi pilihan Sony untuk merilis mobile gaming-nya. Telat setahun dari rencana awal, yaitu Maret 2017. Mereka akan merilis lima atau lebih judul game–yang sepertinya baru diumumkan akhir tahun. Namun game popular dari PlayStation tampaknya akan menjadi andalan Sony dalam mendongkrak mobile gaming-nya.

Beberapa judul, seperti Monster Hunter, Sengoku BASARA, dan Mega Man disebut-sebut akan diadaptasi ke dalam mobile gaming. Sony bahkan berencana membuat beberapa judul mobile gaming berhubungan dengan konsolnya. Pernyataan ini masih membingungkan, karena Sony juga belum membeberkan detailnya.

Sebetulnya, mobile gaming bukanlah sesuatu yang baru bagi Sony. Karena salah satu divisi mereka, yaitu PlayStation Mobile, telah merilis beberapa game untuk smartphone berbasis Android dan iOS. Judul-judul seperti Run Sackboy Run dan Rathcet & Clank: Before the Nexus bahkan memperoleh rating cukup baik.

nintendo dan sony bersaing dalam industri mobile gaming

Dianggap agak terlambat, pekerjaan Sony dalam industri mobile gaming memang terbilang cukup berat. Mereka akan menghadapi berbagai pesaing yang lebih dulu terjun dalam bidang ini. Nintendo tampaknya akan menjadi musuh terkuat Sony, apalagi mereka akan merilis Super Mario Run akhir tahun nanti.

Namun Sony masih memiliki peluang besar dengan berbagai game-game popular mereka. Target utama mereka adalah Jepang dan negara Asia lainnya (semoga Indonesia termasuk di dalamnya). ForwardWorks, divisi khusus mobile gaming milik Sony, akan bertanggungjawab dalam pendistribusian game tersebut.