Simak Yuk Panduan dan Tips Penting Bermain Resident Evil 7: Biohazard

| Oleh: Yudi | 02 Feb 2017 - 6:00 AM
1457
0
tips bermain resident evil 7 biohazard

Genap seminggu sejak Capcom merilis game terbarunya, Resident Evil 7: Biohazard. Bukan hanya serinya, namun keseluruhan dari game ini bisa dibilang baru. Banyak pengalaman bermain yang diberikan oleh Resident Evil 7: Biohazard yang belum atau tak ada dalam seri game Resident Evil sebelumnya. Maka tak heran jika game ini banyak mendapat rating tinggi dari berbagai situs game terkenal.

Setiap langkah dalam game ini tak luput dari suasana tegang dan mengejutkan. Meskipun waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan game ini relatif singkat (sekitar 7–8 jam), namun bukan berarti ini adalah game yang mudah, terutama bagi pemula. Untuk itu, Kupaman telah menyiapkan beberapa tips yang bisa membantu.

hal yang wajib dilakukan ketika bermain resident evil 7 biohazard

Tingkat kesulitan
Resident Evil 7: Biohazard memiliki dua tingkat kesulitan di awal (tingkat kesulitan paling tinggi akan didapat setelah menyelesaikan game), Easy dan Normal. Keduanya sebetulnya tak terlalu berbeda. Jika kalian benar-benar pemula dan terlalu takut, Easy pilihan yang pas. Namun Kupaman menyarankan memilih Normal untuk pengalaman terbaik saat bermain.

Eksplorasi total
Memeriksa seluruh ruangan hingga ke sudut-sudut adalah sebuah kewajiban. Lakukan seluruh interaksi dengan objek yang memiliki tanda X, entah laci, lemari, kulkas, ventilasi, pintu, apapun. Karena bisa jadi salah satu objek tersebut menyimpan item penting atau justru menjadi item penting dalam jalannya permainan.

Periksa objek dengan seksama
Kalian akan menemukan banyak objek yang terlihat tak penting dalam game ini. Jangan terburu-buru meninggalkan mereka. Periksa dengan seksama dengan tuas analog. Putar ke berbagai arah, karena objek ini seringkali menyimpan sebuah rahasia penting; seperti kunci atau petunjuk puzzle.

Ambil semua item
Inventori kalian memiliki batas kapasitas yang bisa bertambah ketika mendapat tas yang lebih besar. Namun jangan ragu untuk mengambil semua item, terutama peluru dan healing item. Beberapat item juga bisa digunakan untuk menyelesaikan puzzle. Jadi pastikan jangan meninggalkan mereka.

Tutup pintu
Saat memasuki ruangan, kalian akan membuka pintu dengan menekan tombol X. Tutup kembali pintu tesebut dengan menekan tombol X sekali lagi. Meskipun terdengar sederhana, namun menutup pintu kembali bisa menghindari kalian dari kejaran beberapa monster.

Arahkan pandangan
Monster bisa muncul kapan saja dan dari mana saja. Maka sebaiknya arahkan pandangan kalian lurus ke depan. Jangan terlalu sering melihat ke bawah saat berjalan. Periksa juga belakang kalian. Untuk memudahkan, kalian bisa berputar secara 180 derajat dengan menekan tombol lingkaran.

Gunakan senjata melee
Ada dua jenis senjata yang bisa kalian dapat di game ini, melee (pisau, kampak, gergaji mesin) dan senjata api (handgun, shotgun, flamethrower, grenade launcher). Ada baiknya kalian menggunakan senjata melee dan menyimpan senjata api kalian untuk waktu yang betul-betul dibutuhkan. Karena peluru cukup jarang ditemukan.

cara bertahan hidup dalam resident evil 7 biohazard

Tembak arah kepala
Jika terpaksa menggunakan senjata api, usahakan untuk menembak ke arah kepala. Sebetulnya ini sudah menjadi rahasia umum, bahwa menembak kepala akan menghasilkan damage lebih besar. Selain itu, mengincar headshot terbukti lebih efisien karena menghemat waktu dan yang terpenting menghemat peluru.

Blok dan lari
Tak semua monster harus dihabisi, terlebih lagi jika jumlah mereka terlalu banyak dan kondisi kalian tak mendukung (sedikit peluru dan terluka cukup parah). Terkadang lari menghindar adalah keputusan yang tepat. Lakukan guard untuk memblok serangan mereka, lalu lari menghindar. Guard bisa dilakukan dengan menekan tombol L1.

Boss battle
Dalam melawan boss, kalian perlu all-out. Jangan ragu untuk menghabiskan peluru yang sudah sengaja kalian simpan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menjaga jarak dari boss. Arahkan selalu pandangan ke boss sembari mundur perlahan untuk menjaga jarak. Jangan lupa juga untuk melakukan guard.

Buat peluru dan perbaiki senjata
Beberapa item bisa menjadi multifungsi. Selain untuk item healing, cairan kimia juga bisa diracik menjadi berbagai jenis peluru spesial untuk handgun atau grenade launcher. Kalian juga akan menemukan senjata rusak seiring game. Senjata ini bisa diperbaiki dengan repair kit. Kupaman menyarankan agar kalian memperbaiki shotgun yang rusak.

Kumpulkan Antique Coins
Item kolektibel ini tersebar di berbagai lokasi dalam game. Kumpulkan sebanyak mungkin karena koin ini bisa ditukar dengan tiga item menarik; Steroids #2 (meningkatkan health), Stabilizer (mempercepat reload senjata) dan 44 Mag (magnum). Kupaman menyarankan untuk menukarkan koin ini dengan Steroids #2 dan Stabilizer.

Save game berkala
Lakukan save game secara berkala, jika perlu buat data game baru setiap kali melakukan save. Resident Evil 7: Biohazard tak memerlukan item khusus untuk melakukan save (seperti Ink Ribbon atau semacamnya di seri sebelumnya), jadi kalian bebas melakukan save sebanyak dan sesering mungkin. Karena lagi-lagi, kalian tak akan tahu apa yang terjadi selanjutnya.

Perlahan dan nikmati
Tak perlu terburu nafsu untuk menyelesaikan game. Jika sudah lelah karena terlalu banyak terkejut atau bingung mencari jalan selanjutnya, istirahat. Tak masalah juga jika sering game over, kalian bisa mengulang lagi dari checkpoint. Yang penting mainkan perlahan dan nikmati setiap ketegangannya.

Simak juga yang tak kalah serunya, Inilah 5 Rahasia Mengapa Game Resident Evil 7: Biohazard Jadi Sangat Menyeramkan.