Sesame Street Hadirkan Boneka Baru Dengan Autisme

| Oleh: Kylo | 27 Mar 2017 - 12:28 PM
58
0
sesame street hadirkan karakter boneka dengan autisme

Sejak pertama kali ditayangkan pada tahun 1969, tayangan Sesame Street selalu memfokuskan diri ke bidang edukasi. Misalnya memperkenalkan diri kepada para penontonnya yang berusia muda mengenai huruf-huruf abjad, angka, bentuk dan berbagai kata-kata dasar. Selama empat dekade lebih, konten Sesame Street semakin berkembang dan mulai memperhatikan issue-issue sosial. Juga  juga mulai memasukkan bagaimana caranya untuk mempersiapkan anak-anak untuk berinteraksi dengan sesamanya di lingkungan sekolah ataupun di tempat bermain.

Selain kontennya yang terus berkembang, Sesame Street yang dahulu sempat tayang di Indonesia itu juga mulai menghadirkan sosok-sosok boneka baru. Sosok boneka terbaru yang akan segera hadir di Sesame Street adalah Julia. Julia memiliki latar belakang sebagai seorang gadis kecil berusia 4 tahun pengidap autisme.

julia boneka sesame street dengan autisme

Autisme adalah gangguan perkembangan syaraf yang kompleks dan ditandai dengan kesulitan dalam interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku terbatas, berulang-ulang dan karakter stereotip. Gejala autis muncul sebelum 3 tahun pertama kelahiran sang anak.

Kehadiran boneka baru yang muncul pertama kali di Sesame Street picturebook itu merupakan bagian dari program yang bernama See Amazing In All Children. Sebuah program yang dibuat untuk membantu orang tua dan anak-anak yang non-autis untuk mengerti berbagai aspek dari perilaku penyandang autisme dan bagaimana cara berinteraksi dengan mereka lalu menerima perbedaan itu.

julia boneka sesame street bantu penonton memahami autisme

Julia akan debut di tayang Sesame Street di negeri Paman Sam mulai tanggal 10 April 2017. Namun sebelumnya, dia telah diluncurkan terlebih dahulu secara online lewat akun Youtube resminya Sesame Street. Lewat video-video berdurasi pendek, penonton bisa melihat penampilan Julia si boneka yang mengidap autisme yang sedang bermain ciluk-ba bersama Elmo atau menyanyikan Sunny Days bersama Abby Cadabby.

Sesame Workshop, yang memproduksi Sesame Street, menciptakan karakter boneka baru bernama Julia melalui sebuah proyek yang rumit. Karena austime biasanya mempunyai kondisi dan penanganan yang berbeda-beda untuk setiap orang. Yang menarik adalah ternyata pemain bonekanya Julia, Stacey Gordon, memiliki anak kandung dengan autisme.

.