Serunya Menjelajah Planet Mars Dengan Game VR Ala NASA

| Oleh: Kylo | 20 Apr 2016 - 4:42 PM
103
0
mars 2030 vr experience

Dalam waktu tidak terlalu lama lagi kita juga akan bisa berkunjung ke Mars tanpa harus meninggalkan Bumi. Caranya cukup dengan memainkan Mars 2030 yang merupakan VR experience dimana kita akan bisa merasakan berada dan melihat suasana keadaan di planet merah tersebut melalui teknologi virtual reality. Perkembangan teknologi VR memang makin pesat dimana perangkat VR Headset juga sudah banyak dibuat mulai dari Oculust Rift, Google Cardboard, Samsung Gear VR sampai yang simpel seperti View-Master buatan Mattel. Bahkan anak bangsa sendiri sudah dapat menciptakan VR Headset, Octagon VR Luna.

Mars 2030 sendiri dikembangkan oleh Fusion, perusahaan milik Disney dan Univision dengan bantuan NASA dan MIT. Mars 2030 akan menampilkan secara detil pengunungan, lembah, daratan dan topografi lain yang ada di Mars. Asiknya, semuanya dibuat secara akurat mungkin dengan memakai data yang diberikan oleh NASA. Saking detilnya bahkan hingga ke tingkat gravitasinya juga dibuat sesuai dengan apa yang dialami jika seorang manusia berada di Mars.

menjelajah mars dengan game vr mars 2030

Kita akan bisa menikmati pemandangan dan mengarungi sebagian wilayah dari Mars dalam perspektif orang pertama dengan menggunakan kontroler Xbox One untuk bergeraknya. Walau enggak seluruh permukaan di Mars bisa dijelajahi, namun di Mars 2030 pemain akan bisa menjelajahi wilayah seluas 20 kilometer persegi.

Bisa dengan berjalan kaki atau menggunakan Rover yang dibuat berdasarkan purwarupa milik NASA. Wah, berasa jadi astronot Mark Watney yang terdampar di planet Mars pada film The Martian, nih! Hal yang paling mengesankan adalah kita bisa melihat area hingga sejauh 700 kilometer dengan menggunakan kamera 360. Wow!

topografi mars di game mars 2030 experience

Di wilayah-wilayah yang bisa dijelajahi, topografinya cukup beragam. Salah satu yang cukup spektakuler adalah sebuah terowongan raksasa yang saking gede dan lebarnya, bisa muat dimasukkan dua gedung Empire State. Dengan memasuki terowongan sepanjang ratusan kilometer ini pemain akan diajak mundur empat milar tahun dalam sejarah Mars.

Mars 2030 VR experience ini seperti gabungan antara video game dan software edukasi. Untuk saat ini masih dalam proses pembuatan dan jika telah selesai akan bisa dinikmati di berbagai platform VR seperti Oculus Rift, Samsung Gear VR atau Google Cardboard. Dengan menggunakan teknologi Nvidia, Mars 2030 VR experience akan bisa dinikmati dalam 90 fps, jadi pemain akan bisa memuaskan diri berkeliling di permukaan Mars tanpa adanya lag.

.