Serunya ARCC (AFA Regional Cosplay Competition) Jadi Pamungkas AFAID15

| Oleh: Yudi | 28 Sep 2015 - 5:05 PM
32
0
arcc di afaid15

Akhirnya AFAID15 berakhir 27 September 2015 kemarin. Suasana hari terakhir memang cukup lengang tak sepadat dua hari sebelumnya. Bahkan tak sedikit booth di Exhibition Stage yang memberikan potongan harga atau promo untuk menghabiskan sisa stok.

Namun bukan berarti tak ada hal menarik untuk diceritakan. Sebaliknya inilah saatnya untuk ARCC (AFA Regional Cosplay Competition) dimulai. Keramaian baru terlihat di area mini stage dengan hilir mudiknya para cosplayer. Selama tiga hari, memang inilah area terpadat di Exhibition Stage. Kali ini giliran guest cosplayer asal Jepang, Kaname, yang melakukan meet and greet. Sudah bisa diduga, antrian panjang didominasi oleh perempuan.

Meet and greet kemudian dilanjutkan dengan sesi handshake. Kali seluruh guest cosplayer kembali dihadirkan ke atas panggung untuk menyapa dan berjabat tangan dengan pengunjung. Sesi berdurasi sekitar 30 menit ini sukses menyedot ratusan pengunjung naik ke panggung untuk bersalaman, nyaris tanpa henti. Maklum saja, ini adalah kesempatan terakhir dan semua bisa ikut dengan cuma-cuma.

sepasang cosplayer di afaid15

Sementara itu, Main Stage menyajikan screening dua anime sekaligus, yaitu Shingeki no Kyojin~Jiyuu no Tsubasa dan Date A Live The Movie. Tak ketinggalan pembahasan dua anime yang sedang digandrungi banyak fans; Boruto -Naruto The Movie- dan Assassination Classroom.

Jelang sore, lapangan di depan Hall B1/B2 ramai dipenuhi cosplayer dan fotografer. Mereka melakukan sesi foto sambil menunggu ARCC (AFA Regional Cosplay Competition) dimulai.

Sekitar jam enam sore, Main Stage dipenuhi oleh penonton yang tentunya menungu penampilan dari tim-tim yang akan berkompetisi di ARCC. Guest cosplayer mulai dipanggil satu per satu untuk diperkenalkan di atas panggung. Mereka semua yang akan bertindak sebagai juri ARCC AFAID15.

kompetisi cosplay arcc

Sebanyak 10 tim cosplay tampil bergantian selama lima menit di atas panggung dan dikomentari juri secara bergantian. Tim yang ikut serta dalam ARCC AFAID tahun ini banyak didominasi dengan kostum armor, seperti Saint Seiya, Dynasty Warrior, dan Touken Ranbu. Tim Lunar Cosplay juga turut memeriahkan panggung ARCC. Mereka membawakan cerita dari anime Inuyasha yang dibumbui parodi.

Akhirnya ARCC tiba pada puncaknya, yaitu pengumuman juara. Para juri memutuskan tim Daikon Sky yang membawakan cerita dari game Devil May Cry menjadi juara pertama ARCC AFAID15. Untuk itu mereka berhak atas hadiah sebesar Rp 5 juta dan mewakilkan Indonesia berkompetisi di AFASG, Singapura. Sungguh sebuah penutup yang manis dan layak rasanya bagi kita bertemu lagi di AFAID16!

.