Serba-serbi Tips Cosplay Untuk Pemula

| Oleh: Yudi | 06 May 2015 - 5:00 PM
1754
0
peserta lomba cosplay

Cosplay adalah salah satu cara untuk mengekspresikan diri. Tentu ada kesenangan dan kebanggaan tersendiri ketika bisa “meniru” dan memerankan karakter idola, baik dari anime, manga, game, atau film. Lalu apa yang perlu diperhatikan ketika ingin memulai cosplay?

seorang cosplayer seifuku

Bagi yang baru pertama kali, sebaiknya coba datang ke event cosplay atau acara bertema budaya pop Jepang untuk melihat-lihat.
Sebaiknya pilih karakter yang mudah untuk di-cosplay-kan. Misalnya Harajuku atau seifuku (seragam sekolah).
Mulai menabung untuk membeli kostum, perlengkapan dan aksesoris cosplay. Biasanya cosplayer senior lebih suka membuat sendiri kostumnya. Sedangkan pemula bisa ke toko-toko penyedia peralatan dan kostum cosplay yang pernah ditulis di artikel toko cosplay.
Belajar make-up. Situs seperti YouTube menyediakan banyak tutorial make-up untuk cosplay.
Ikut komunitas untuk menambah teman dan bisa belajar atau sharing dengan yang lebih senior dalam cosplay.

make-up cosplay

Lima poin di atas biasanya paling sering dilakukan oleh cosplayer pemula. Selain itu ada hal lain yang juga perlu diperhatikan oleh cosplayer, terutama saat dia sedang ber-cosplay.

Pahami dan hayati tokoh/karakter yang di-cosplay-kan. Cari info tentang karakter/tokoh tersebut, dari identitasnya, latar belakangnya, gayanya, kebiasaannya, bahkan cara bicaranya.
Belajar berani dan jangan malu untuk tampil saat cosplay. Bisa dibiasakan dengan cara hadir ke event cosplay dan tampil.
Jangan cepat puas. Terus tingkatkan kemampuan ber-cosplay. Coba untuk cosplay dengan karakter yang berbeda.
Cosplay is fun! Tapi jangan lupa bahwa kesenangan ber-cosplay itu bukan hanya untuk dinikmati sendiri, tapi juga harus bisa dinikmati orang lain yang melihat.