Sekolah Jepang Akan Buka Kelas Khusus Belajar Drone

| Oleh: Yudi | 06 Aug 2016 - 6:00 AM
70
0
belajar tentang drone dan robotik

Dalam era tekhnologi seperti sekarang, kemampuan kita menggunakan dan menguasai berbagai gadget bisa dijadikan tolak ukur untuk berbagai aspek sosial. Selain menyenangkan, menguasai penggunaan berbagai gadget juga meningkatkan kesempatan berkarier yang lebih baik. Apalagi bisa dipastikan bahwa dalam beberapa tahun ke depan perkembangan gadget akan lebih pesat.

Sayangnya memang belum banyak instansi pendidikan atau sekolah yang membuka kelas khusus untuk menguasai bidang gadget. Namun sebuah sekolah tingkat menengah di Jepang ini nampaknya telah mengambil langkah lebih maju.

kelas khusus drone dan robotic di jepang

Tak hanya budayanya, Jepang juga terkenal memiliki sistem pendidikan yang unik. Yaitu setiap sekolah berhak menentukan sendiri kurikulum dan jenis pembelajaran yang akan diberikan kepada murid-muridnya. Sebut saja seperti sekolah khusus otaku di Akihabara yang mengajarkan menjadi maid, cosplayer, idol, dan mangaka profesional. Begitu pula dengan Vantan Private School yang terletak di Tokyo dan Osaka ini.

Vantan Private School memiliki kurikulum yang berbeda dari sekolah pada umumnya. Alih-alih belajar tentang kemampuan akademik, mereka lebih berfokus untuk mengajarkan ketrampilan, seperti Skate(board )& desain, modeling, voice acting, game creation, barista training, dan nail art. Untuk menambah deretan mata pelajaran keren tersebut, awal Agustus ini mereka mengumumkan kelas khusus yang membahas tentang robot dan gadget.

Gadget yang dipelajari dalam kelas khusus ini adalah drone. Di Indonesia, penggunaan drone mungkin masih sebatas hobi. Namun gadget ini sebetulnya memiliki fungsi canggih yang bisa digunakan untuk hal lebih penting. Berdasarkan hal tersebut, Vantan percaya bahwa Jepang memerlukan orang-orang yang ahli dalam bidang drone, baik secara praktek atau teknis.

perkembangan drone dan robotik

Kurikulum dalam kelas bernama Drone & Robotic Course ini mencakup drone piloting, pemeriksaan dan perbaikan, undang-undang radio dan penerbangan, serta pemrograman komputer untuk peningkatan sistem. Menurut Vantan, perkembangan robot dan drone akan meningkat pesat hingga 600% dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Drone & Robotic Course ini akan dimulai pada tahun ajaran baru, yaitu pada bulan April 2017 mendatang. Peserta didik nantinya akan belajar selama tiga tahun penuh untuk meraih sertifikat. Kelas khusus ini dibuka bagi siswa lulusan SMP, murid Vantan Private High School, dan murid pindahan. Selain Vantan Private High School, Jepang juga memiliki sekolah khusus drone di Kanagawa University, yaitu Drone School Japan.

.