Sejarah Star Wars Day dan Cara Merayakannya

| Oleh: Yudi | 03 May 2016 - 1:16 PM
126
0
sejarah star wars day

Tak lama lagi penggemar Star Wars akan menyambut Star Wars Day yang diperingati setiap tanggal 4 Mei. Pemilihan tanggal 4 Mei bukan tanpa alasan. Hal ini diinspirasi oleh kisah kemenangan Margaret Thatcher yang berhasil menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris wanita pertama pada tanggal 4 Mei 1979. Saat kejadian tersebut berlangsung, muncul banyak ucapan selamat yang berbunyi “May the fourth (4th) be with you”.

Ucapan selamat tersebut terdengar mirip dengan frase yang sering dikatakan oleh penggemar Star Wars, yaitu “May the force be with you”. Berangkat dari sini, lah diputuskan tanggal 4 Mei sebagai Star Wars Day oleh seluruh penggemar. Bahkan para penggemar Star Wars menganggap tanggal 4 Mei sebagai hari libur yang harus digunakan untuk merayakan seluruh hal tentang Star Wars. Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk merayakan Star Wars Day?

merayakan star wars day

Menonton film Star Wars
Hal pertama yang wajib dilakukan adalah menonton kembali seluruh film-film Star Wars. Agar semakin seru, tontonlah bersama dengan keluarga atau teman kalian yang sama-sama penggemar Star Wars. Di Amerika sana bahkan beberapa tempat hiburan seperti café atau restoran sering mengadakan ajang nonton bareng saat Star Wars Day berlangsung.

Buat hidangan bertema Star Wars
Hari perayaan kurang lengkap tanpa hidangan istimewa. Kalian bisa membuat Star Wars Cake, Bar2D2s, atau bahkan Blue Milk yang biasa dihidangkan Paman Owen dan Bibi Beru saat sarapan. Kalian bisa mendapatkan resepnya dengan mengunjungi situs resmi Star Wars.

Ber-cosplay menjadi karakter Star Wars dan pergi ke event Star Wars
Jika ingin ber-cosplay menjadi Han Solo, Luke Skywalker, Rey, Stromtrooper, Kylo Ren, atau Darth Vader, maka ini adalah saat yang tepat. Hadiri event bertema Star Wars dan jangan lupa ajak teman kalian untuk turut ber-cosplay Star Wars agar semakin seru dan menyenangkan.

Lakukan Vadering dan unggah fotonya
Vadering adalah istilah dari kekuatan telekinesis miliki Darth Vader yang gerakannya mirip seperti mencekik leher. Ajak teman kalian untuk meniru gerakan ini. Jangan lupa untuk memotret lalu unggah fotonya ke Twitter. Mention ke account @Starwars dan gunakan tagar #Vadering.

cosplay di star wars day

Kenalkan Star Wars ke orang lain
Menyebarkan virus Star Wars ke orang lain, seperti keluarga atau teman kalian juga hal yang tepat dilakukan untuk merayakan Star Wars Day. Ajak mereka mengenal apa itu Star Wars melalui film, buku, game, atau apapun yang kalian miliki.

Mengikuti donasi
Kalian memiliki koleksi Star Wars yang sudah tak terpakai? Donasikan koleksi kalian dan jadikan Star Wars Day menjadi hari yang tak terlupakan bagi mereka yang membutuhkan. Bahkan pihak UNICEF dan Lucasfilm/Disney sendiri telah melakukan kerjasama dengan beberapa band untuk mengajak para penggemar Star Wars membantu anak-anak yang membutuhkan.

Itulah sejarah singkat tentang Star Wars Day dan beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk merayakannya. Beberapa perusahaan hiburan seperti developer game juga berlomba-lomba memberikan bonus atau konten spesial untuk merayakan Star Wars Day.  Apapun dan bagaimanapun cara kalian untuk merayakan hari spesial ini, yang terpenting adalah May the Force be with you. Happy Star Wars Day!

.