Sci-fi World Weekend 2016 Hadirkan Pertunjukan Wayang Kulit Perang Bintang

| Oleh: Kylo | 19 Dec 2016 - 1:00 PM
77
0
scifi world celebration 2016 indonesia

Film Rogue One: A Star Wars Story beberapa hari yang lalu telah tayang di bioskop. Selain di Indonesia, film yang juga ditayangkan di seluruh penjuru dunia ini mendapat sambutan yang hangat dari para fansbasenya yang jumlahnya sangat banyak itu. Untuk merayakan penayangan film pertama yang menjadi bagian dari film Star Wars Anthology itu Sacca Production menghadirkan sebuah acara bertajuk Sci-fi World Weekend: Galaxy Celebration yang berlangsung selama tiga hari mulai dari 16 hingga 18 Desember 2016 di mall Kuningan City, Jakarta.

Acara yang diadakan pada Atrium yang terdapat di Ground Floor itu menampilkan sesuatu yang berbeda dengan event-event bertema Star Wars yang ada di Indonesia ataupun dunia. Kenapa? Karena perhelatan tahunan yang dipersembahkan oleh komunitas Order 66 S.I.T.H. itu menghadirkan pergelaran Wayang berjudul Perang Bintang. Wuih, keren! Dengan mengkombinasikan dengan budaya lokal yang telah mendunia itu, Sci-fi World Weekend tahun ini berhasil mentransformasikan karakter-karakter populer yang ada di dunia Star Wars menjadi beberapa karakter-karakter wayang kulit yang menarik dan unik.

scifi world celebration 2016 indonesia

Selain dibuat versi wayang kulitnya, masing-masing karakter yang ada di dunia Star Wars itu juga telah diubah namanya agar lebih terkesan Indonesia. Contohnya seperti nama Luke Skywalker yang diubah menjadi Lukman Jajagankasa, Han Solo yang diubah menjadi Handoko Mulyo Kesumo dan Putri Leia Organa yang diubah menjadi Rd Lia Kusumawardhani. Bahkan dua droid populer, R2-D2 dan C-3PO juga diubah menjadi semacam karakter Punakawan yang bernama Arya Tungkul (ArTu) dan Trinil Peyot (TriPeyot).

Karena kisah pewayangannya menceritakan mengenai kisah saga yang diambil dari original Trilogy-nya Star Wars maka nggak heran tokoh-tokoh dari sisi Dark Side yang mewakili Galactic Empire juga dilibatkan. Ada Darth Vader yang namanya telah diubah menjadi Mahapatih Romo Gelap, Stormtrooper yang diubah menjadi Prajurit Kerajaan dan Boba Fett yang diubah namanya menjadi Karakter X.

Pagelaran Wayang Kulit dengan judul Perang Bintang ini membuat siapapun yang menyaksikannya akan terkagum-kagum dan sekaligus mengundang gelak tawa. Itu semua karena kreatifitas yang pembuatnya yang berhasil menyulap franchise film fiksi ilmiah yang sangat terkenal kedalam bentuk pergelraran wayang kulit yang dibungkus dengan jalan cerita yang cukup seru dan menghibur.

scifi world celebration 2016 indonesia

Selain “screening” Wayang Perang Bintang, acara Sci-fi World Weekend yang berlangsung meriah itu juga diisi pameran sepatu-sepatu langka bertema Star Wars, pertunjukan karya-karya seni untuk donasi, display dan diorama dari figur Star Wars skala 1:6, booth-booth yang menjual merchandise Star Wars dan pertunjukan dari Saykoji, Jamaica Cafe Acapella dan DJ Throoper.

Last but not least, bagi mereka yang telah membooking beberapa hari sebelum acara berlangsung bisa ikutan nobar kolosal film Rogue One bareng komunitas Order 66 S.I.T.H. di XXI Kuningan City.