RX-78-2 Gundam di Diver City, Odaiba, Bersiap Melakukan "Tembakan Terakhir"

| Oleh: Yudi | 16 Mar 2017 - 7:10 AM
110
0
proses pembongkaran gundam raksasa rx-78-2

Awal bulan Maret 2017, Gundam life-size RX-78-2 yang berada di Diver City, Odaiba, mulai dibongkar. Sekitar 10 hari sejak pembongkaran, kini Gundam tersebut sudah kehilangan bagian kepala dan tangan kirinya. Tampaknya tak butuh waktu lama untuk membongkar seluruh tubuh RX-78-2. Meskipun tampak normal, namun pembongkaran kepala dan tangan kiri lebih dulu ini ternyata punya alasan tersendiri.

Bagi penggemar Gundam, mungkin keadaan RX-78-2 sekarang mengingatkan pada sebuah adegan populer dalam anime Mobile Suit Gundam di tahun 1979 silam. Adegan tersebut menunjukkan pertarungan sengit antara RX-78-2 dengan MSN-02 Zeong. Keduanya sudah dalam keadaan nyaris hancur, sebelum akhirnya RX-78-2 melepaskan tembakan terakhir.

gundam raksasa rx-78-2 kehilangan kepala dan tangan kiri

Tembakan terakhir atau yang lebih dikenal dengan The Last Shooting ini menjadi adegan yang sangat dramatis dan seringkali digunakan sebagai tema dalam kejuaraan GBWC (Gunpla Builder World Championship). Ternyata adegan ini juga menginspirasi pihak Bandai untuk menggelar semacam kampanye perpisahan dengan RX-78-2 di Diver City, Odaiba. Kampanye perpisahan ini memang sudah diumumkan sejak awal Desember 2016.

Mengambil judul sama, THE LAST SHOOTING, kini keadaan RX-78-2 raksasa tersebut memang sudah mirip–yaitu kehilangan kepala dan tangan kirinya. Baik foto atau video yang menunjukkan proses pembongkaran kepala dan tangan kiri RX-78-2 yang dimulai pada Senin kemarin itu juga sudah banyak bermunculan di Twitter, Instagram, dan sosial media lainnya. Namun tampaknya para petugas masih butuh lebih banyak waktu.

Karena meskipun keadaannya sudah sesuai, namun perlu ada pengaturan ulang dari pose RX-78-2 yang sekarang. Agar betul-betul sama dengan adegan The Last Shooting seperti dalam anime-nya, pose RX-78-2 harus diatur dengan tangan kanan diangkat ke atas, menghadap dan menunjuk langit. Tampaknya belum ada kejelasan dari Bandai, kapan RX-78-2 ini betul-betul siap melepaskan tembakan terakhirnya.

bandai gelar kampanye perpisahan dan penghargaan terakhir untuk rx-78-2

Selain perpisahan, Bandai mengadakan kampanye THE LAST SHOOTING sebagai bentuk terima kasih dan penghargaan terhadap RX-78-2 yang sudah berdiri sejak tahun 2009. RX-78-2 akan digantikan oleh RX-0 Unicorn yang direncanakan berdiri pada tahun 2019. Gundam Front Tokyo juga akan dirubah menjadi komplek baru bernama The Gundam Base Tokyo. Ribuan koleksi Gunpla sudah disiapkan untuk toko gunpla terbesar tersebut.