Rumor Seputar PlayStation4.5, New Xbox One dan Nintendo NX di E3 2016

| Oleh: Yudi | 11 Jun 2016 - 12:00 PM
149
0
playstation4.5 neo

Dengan waktu yang hanya kurang dari seminggu, event E3 (Electronic Entertainment Expo) 2016 semakin dipenuhi rumor dari berbagai pihak developer game. E3 2016 memang menjadi ajang unjuk gigi bagi para perusahaan developer dan manufaktur game, mulai dari yang kecil hingga yang sudah terkenal seperti Sony, Microsoft, dan Nintendo. Tiga nama ini menjadi sorotan dengan konsolnya masing-masing.

Persaingan antara Sony, Microsoft, dan Nintendo untuk membuat konsol terbaik tak perlu diragukan. Sony hadir dengan PlayStation, Microsoft dengan Xbox, dan Nintendo dengan 3DS atau Wii U-nya, dimana masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Lalu apa saja rumor yang menaungi tiga perusahaan ini di E3 2016?

new xbox one

Diawali rumor dari Sony PlayStation yang akan memperlihatkan konsol terbarunya, yaitu PS4.5. Kabar ini telah beredar sejak bulan Maret, ketika Sony mengatakan akan membuat PS4 yang lebih powerful. PS4.5 atau disebut juga PS Neo memiliki GPU, CPU, dan RAM yang telah ditingkatkan sehingga mampu memberi output sinyal video sebesar 4K dan menghadirkan grafis lebih baik dalam game PS VR. Sepertinya pihak Sony baru akan mengumumkan waktu perilisan konsol baru ini dalam E3 2016 nanti. Namun kabarnya PS4.5/Neo akan dijual seharga $400 USD (sekitar Rp 5,3 juta).

Beralih ke Microsoft, yang sebelumnya dikabarkan terlibat project game VR untuk konsol Xbox One. Microsoft juga mengumumkan konsol Xbox One model terbaru yang lebih mungil. Seperti Sony, rumor mengatakan bahwa Microsoft juga sedang mengerjakan Xbox One yang lebih powerful dan terintegrasi dengan Virtual Reality. Microsoft baru akan menjabarkan sistem Xbox One ini dalam E3 2016 mendatang. Konsol ini dijadwalkan rilis tahun 2017.

Sementara Nintendo akan menghadirkan konsep baru, unik, dan berbeda melalui konsol Nintendo NX-nya. Meskipun infonya sudah terungkap sejak bulan Maret lalu, namun detail mengenai konsol ini masih sangat misterius. Berbagai rumor muncul tentang Nintendo NX, salah satunya adalah rencana Nintendo untuk menggabungkan fungsi handheld dan konsol melalui Nintendo NX. Rumor mengatakan Nintendo NX akan terbagi menjadi dua perangkat, yaitu konsol rumahan dan handheld, yang saling terhubung.

nintendo nx

Cukup seru memang jika mengikuti perkembangan rumor ketiga perusahaan ini. Masing-masing seolah tak ingin kalah dan berusaha membawa pengalaman bermain game ke tingkatan yang lebih canggih. Tinggal menunggu sebentar lagi hingga seluruh rumor tersebut terungkap kebenarannya.

Kupaman sendiri menilai rumor yang paling menarik adalah tentang Nintendo NX. Alasannya karena konsol ini telah beberapa kali muncul secara viral di internet dan berakhir dengan klarifikasi pihak Nintendo yang mengatakan bahwa berita tersebut adalah hoax. Semoga saja Nintendo akan memperlihatkan penampakan sesungguhnya dari Nintendo NX dalam event E3 2016 tanggal 14–16 Juni 2016 nanti.

Nah, salah satu kabar yang sudah pasti dikonfirmasi adalah dari Microsoft yang secara terbuka melalukan konferensi pers di E3 2016 mengenai Xbox One S: Lebih Mungil Tapi Lebih Powerfull dan Menarik.

Mengenai Nintendo NX, belakangan ada bocoran desain dari departemen paten Amerika yang diduga adalah desain Nintendo NX.

.