Roda Die-Cast Unik Tomoci Bukan Bearing Biasa

| Oleh: George | 06 Apr 2015 - 11:15 AM
510
0
Die-cast modifikasi dengan roda bearing

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, die-cast modifikasi ekstrim ala komunitas Tomoci menggunakan bearing untuk pengganti roda standar sevagai salah satu penunjang kecepatan. Dengan menggunakan bearing, hambatan gesek antara as roda dan roda menjadi sangat minim. Ini yang bikin putaran roda jadi super lancar. Namun bukan hanya disitu rahasianya. Rupanya bearing yang dipakai pun jenis khusus!

Akibatnya kecepatan yang diraih menjadi sangat tinggi ketika diluncurkan di trek downhill ala komunitas Tomoci. Apalagi dikombinasi pemberat pada bodi die-cast. Saking cepatnya sampai-sampai dilarang menangkap langsung die-cast model begini yang sedang melaju dengan tangan tanpa pelindung. Soalnya bisa menimbulkan luka.

die-cast modifikasi bearing topi

Ternyata bearing yang digunakan untuk mendapat kecepatan dahsyat itu bukan bearing biasa. Perhatikan deh, fotonya. Bearing yang dipakai permukaannya tidak polos. “Kita menyebutnya bearing topi. Jadi ada semacam tonjolan. Kalau diperhatikan bearing itu seperti memakai topi, ungkap Pak Kemas sang ketua Tomoci.

Keuntungannya hanya sedikit permukaan bearing yang bersentuhan dengan permukaan trek. Artinya hambatan gesek dengan permukaan trek sangat minim. Hasil akhirnya, die-cast modifikasi ekstrim ala Tomoci ini bisa melaju dengan kecepatan yang dahsyat.

.