Robot Cantik Ini Siap Menyapa Pengunjung Mall Aqua City Odaiba

| Oleh: Yudi | 07 Jun 2016 - 12:00 PM
194
0
robot junko odaiba

Kawasan Odaiba, Tokyo, memang dikenal sebagai rumah dari Gundam RX-78-2 berukuran asli. Namun tampaknya sebentar lagi pengunjung Odaiba akan memiliki idola baru selain sang Gundam raksasa. Idola baru ini tak lain dan tak bukan masih sama-sama robot. Bedanya, robot ini terlihat lebih nyata dan siap membantu para pengunjung komplek perbelanjaan Aqua City Waterfront Odaiba.

Robot ciptaan perusahaan elektronik Toshiba yang bernama Chihira Junko ini memang sengaja dibuat menyerupai manusia. Bahkan jika tak diperhatikan dengan seksama, pasti kita akan mengira bahwa dia betul-betul manusia yang sedang bekerja sebagai petugas informasi dalam sebuah mall.

berinteraksi dengan robot junko

Chihira Junko adalah robot berwujud perempuan yang berwajah cantik dan ramah. Sebagai petugas informasi, Junko juga dilengkapi dengan setelan seragam dan berpenampilan rapih. Berdasarkan info dari perusahaan pembuatnya, nama Junko diambil karena robot ini terlahir di bulan Juni. Junko dikatakan telah berumur 26 tahun dan memiliki tinggi 165 sentimeter.

Junko siap melayani para pengunjung yang ingin mencari informasi seputar gedung atau pusat komplek perbelanjaan Aqua City Odaiba dengan tiga bahasa; yaitu bahasa Jepang, Inggris, dan Cina. Untuk berinteraksi dengannya, Junko turut dilengkapi dengan perangkat berupa panel layar sentuh berisikan berbagai opsi permintaan dan respon yang terdapat di mejanya.

Panel ini sangat canggih dan futuristik, karena pengunjung tak perlu menyentuh panel layar secara langsung untuk memilih opsi. Sensor panel ini memungkinkan pengunjung memilih opsi hanya dengan gerakan jari di udara. Cukup arahkan jari ke ikon opsi yang ada di panel dan gerakkan jari di udara, maka pengunjung sudah bisa melakukan interaksi. Informasi yang bisa diberikan Junko yaitu seputar toko (restoran, perbelanjaan, hiburan, fasilitas), akses transportasi, dan informasi seputar turis atau pariwisata.

robot pemberi informasi di odaiba

Saat memberikan informasi, Junko juga akan memberikan gestur tubuh dan senyuman layaknya manusia. Jika sedang tak melayani pengunjung, Junko akan menghabiskan waktu dengan berbicara bahasa Jepang, Inggris, dan Cina. Sembari menolehkan kepala, mengedipkan mata, dan tersenyum.

Junko melakukan debutnya sejak Oktober tahun lalu. Pihak juga Toshiba telah berencana memperbarui Junko dengan tekhnologi yang lebih canggih. Nantinya, Junko bisa langsung bertanya kepada pengunjung tentang informasi yang dibutuhkan, sehingga tak perlu lagi memilih dari panel. Junko juga akan dibekali lebih banyak bahasa asing. Kalian bisa menemui Chihira Junko setiap hari, mulai pukul 11:00–21:00 di meja informasi Aqua City Odaiba 3F.

.