RoBoHon: Si Imut Gabungan Robot dan Smartphone

| Oleh: Rio | 15 Apr 2016 - 5:12 PM
102
0
fungsi alarm robohon

Apa yang terbayang di benak kamu kalau bicara soal robot? Mungkin yang suka dengan anime mecha akan menyebut Gundam, sementara yang realistis akan menyebut Asimo, si robot humanoid Buatan Honda. Tapi RoBoHon mungkin akan mengubah semua pandangan itu. Sebab si imut ini benar-benar unik karena merupakan gabungan antara robot dengan smartphone. Wah!

Pertama, mungkin karena tampang imutnya, si RoBoHon jadi tampak sangat bersahabat. Secara tampang, mukanya memang lucu. Secara dimensi juga mungil, karena tinggi robot yang dikembangkan di University of Tokyo itu hanya 19,5 cm.

 

robohon

Tapi secara mengejutkan, tidak seperti Asimo yang hanya dibuat untuk pengembangan teknologi, si RoBoHon sudah siap untuk dipasarkan oleh salah satu raksasa elektronik Jepang, Sharp. Apalagi sebagai robot, RoBoHon tak kalah dengan robot humanoid lainnya yaitu mampu berjalan dengan dua kaki.

Kemampuan lain dari RoBoHon yang menyenangkan selain tentu saja bisa dipakai untuk menelepon adalah dia memiliki proyektor laser inbuilt yang mampu memproyeksikan foto, video dan peta ke layar atau permukaan datar lainnya. RoBoHon juga bisa berfungsi sebagai alarm, bedanya dia akan menyapa kita dengan suara dan gerak. Dia juga bisa membacakan pesan, memotret, bahkan ikut berolahraga dengan menirukan gerakan kita. Wah, lucu, yah?

Sementara itu untuk mengontrol RoBoHon, dia menggukanan sistem pengenalan suara sehingga interaksi antara robot dan pemiliknya berjalan seperti percakapan. Apalagi menurut Sharp, RoboHon bisa mempelajari profil penggunanya dan membaca situasi saat dioperasikan.

robohon bisa buat nelpon

Karena merupakan gabungan robot dan smartphone, si RoBoHon bertenaga batere 1.700mAh ini menggunakan perangkat lunak Android 5.0. Juga punya dua layar LCD selebar 2 inci. Perangkat Bluetooth 4.0 dan kamera 8 megapixel yang jamak dipakai pada smartphone juga tertanam di robot ini. Sementara itu untuk menunjang fungsinya sebagai robot yang bisa berjalan, perangkat akselerometer dan giroskop juga dipasang pada RoBoHon.

Sayangnya, RoBoHon nampaknya hanya akan dijual di Jepang. Lagipula pihak Sharp hanya membatasi produksi sampai 5 ribu unit saja. Satu hal lain yang jadi ganjalan adalah harganya yang mencapai 198 ribu Yen atau sekitar Rp 23 jutaan. Waduh!

.