Ribuan Robot Menari Serentak di Tiongkok Pecahkan Rekor Guiness World Records

| Oleh: Yudi | 11 Aug 2016 - 7:00 PM
130
0
ribuan robot menari serentak di festival qingdao

Jepang memang terkenal sebagai negara yang memiliki banyak hari libur kebudayaan dan acara festival. Seperti hari Minggu kemarin, ketika jalanan di kota Yokohama sengaja ditutup untuk digunakan sebagai lokasi pawai Pikachu. Pawai ini adalah salah satu bagian dari acara tahunan Festival Pikachu (Pikachu Tairyou Hassei-Chu) yang sudah diadakan sejak tahun 2014. Terhitung ribuan Pikachu beraneka rupa menginvasi Yokohama dalam festival ini.

Jika Jepang memiliki seribu Pikachu yang menyerbu kota Yokohama, berbeda lagi dengan yang terjadi di kota Shandong, Tiongkok. Sekitar akhir pekan kemarin, ribuan robot terlihat memenuhi sebuah lapangan dalam sebuah acara festival. Apa yang dilakukan pasukan robot ini tentunya bukan hal yang bisa dilihat setiap hari.

robot menari di tiongkok pecahkan rekor dunia

Dalam Qingdao Beer Festival tersebut, tercatat sebanyak 1.007 robot berkumpul dan berbaris dengan rapi. Selama sekitar 60 detik, mereka melakukan gerakan tarian secara serempak. Rupanya para robot ini sedang melakukan pemecahan rekor dunia untuk kategori robot menari terbanyak. Beberapa robot dikualifikasi karena terjatuh saat menari, namun itu tak mempengaruhi hasil akhir.

Ribuan robot yang berhasil memecahkan rekor dunia ini merupakan produk yang dikembangkan oleh Ever Win Company & Ltd.. Mereka dinamakan QRC-2, memiliki tinggi sekitar 43.8 sentimeter, dengan warna putih di bagian badannya dan warna merah di bagian atas kepala, telinga, bahu, serta pinggang. Bentuk mereka sekilas tak jauh berbeda dengan robot Asimo (Honda), Qrio (Sony), atau Nao (Aldebaran Robotic).

Hal lain yang tak kalah hebat dalam pemecahan rekor ini adalah kenyataan bahwa gerakan tari dari ribuan robot tersebut hanya dikontrol melalui satu buah smartphone. Quan Jinyou, selaku Chief Technology Officer of Ever Win Company yang berbasis di Qingdao, menjelaskan bahwa robot tersebut dibekali dengan enkripsi khusus untuk meredam gangguan frekuensi gelombang radio serta perangkat Bluetooth.

aksi luar biasa ribuan robot di cina

Pemecahan rekor dalam festival yang juga dikenal sebagai Asian Oktoberfest ini turut digunakan oleh Ever Win Company untuk mepromosikan produk-produknya. Beberapa ahli tekhnologi dari Robots Association juga hadir dan menjadi saksi dari aksi luar biasa tersebut. Sementara juri dari Guiness World Records yang mengesahkan aksi ini sebagai rekor dunia diwakilkan oleh Angela Wu.

Ini adalah rekor dunia kedua yang menampilkan robot menari secara serentak dalam jumlah massal. Rekor ini sebelumnya telah dibuat oleh Ever Win Company di bulan April 2016 lalu dengan menghadirkan 540 Alpha 1S robot yang menari bersama. Kali ini mereka berhasil memecahkan rekornya sendiri dengan menggandakan jumlahnya menjadi 1.007 robot.

.