Resensi Film Pete's Dragon: Kisah Persahabatan Anak Laki-Laki dan Seekor Naga

| Oleh: Yudi | 09 Sep 2016 - 12:00 PM
247
0
pete's dragon disney terbaik

Bulan-bulan ini sepertinya masih akan dipenuhi film-film menarik dari studio ternama, semisal The Walt Disney Studios. Tiga film produksi Disney yang masuk dalam jajaran film musim panas wajib ditonton akhirnya telah tayang di bioskop tanah air. Dimulai dengan film Alice Through the Looking Glass, The BFG, dan yang akan diputar adalah Pete’s Dragon.

Meskipun terbilang telat masuk di Indonesia, namun dengan kualitas ala Disney, Pete’s Dragon memang pantas jadi salah satu film yang wajib ditonton. Film ini merupakan karya terbaru Disney yang disutradari oleh David Lowery dan ditulis oleh Toby Halbrooks.

naga di pete's dragon

Yang menarik dan menjadi poin utama dari film ini adalah pengerjaannya yang menggunakan gabungan latar belakang dunia sesungguhnya dengan special effect yang canggih. Hal tersebut secara praktis akan memberikan pengalaman unik dan imajinatif bagi siapapun yang menonton. Tak terfikirkan jika film ini sebetulnya sebuah re-make dari film jadul tahun 70an.

Film ini dimulai dengan sebuah dongeng yang sering diceritakan oleh pemahat kayu tua bernama Mr. Meacham. Dia bercerita bahwa dirinya pernah bertemu dengan naga yang hidup di dalam hutan belantara. Layaknya dongeng, banyak yang tak percaya pada cerita Mr. Meacham, kecuali anak-anak yang sering memintanya bercerita.

Pete’s Dragon secara garis besar menceritakan tentang petualangan Pete dengan naganya yang bernama Elliot. Pete adalah bocah laki-laki yang kehilangan orang tuanya dalam kecelakaan. Namun kejadian ini justru membawa Pete bertemu dengan seekor naga yang dianggap mitos oleh penduduk sekitar. Mereka kemudian tinggal bersama dalam hutan.

Kehidupan Pete dan Elliot mulai terancam ketika hutan tersebut terkena proyek penebangan. Pete yang sudah berjanji menjaga Elliot berusaha agar orang-orang tersebut tak mengganggu mereka. Untungnya Pete bertemu dengan seorang penjaga hutan bernama Grace–yang merupakan anak Mr. Meacham. Dia akhirnya membantu Pete untuk melindungi Elliot.

pete naik naga di pete's dragon

Film ini sepertinya memang ingin lebih menonjolkan sisi cerita dibanding special effect-nya. Seperti film khas Disney lainnya, Pete’s Dragon mengandung banyak pesan positif, antara lain keberanian, persahabatan, dan kekeluargaan. Saat menonton film ini, Kupaman langsung teringat kisah Tarzan dan Jungle Book.

Tapi tak perlu khawatir, karena film berdurasi sekitar 100 menit ini cukup banyak memuat adegan menarik dan menyentuh yang sayang jika dilewatkan. Alur ceritanya juga terasa pas, tak terlalu singkat atau terlalu panjang. Pete’s Dragon akan mulai tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 14 September 2016.

Score Review: 4/5