Rating Pokemon GO Justru Turun Drastis Lantaran Lakukan Update?

| Oleh: Yudi | 03 Aug 2016 - 6:00 PM
858
0
rating pokemon go turun

Percaya atau tidak, sejak update Pokemon GO ke versi 0.31.0 yang dilakukan pihak Niantic Labs baru-baru ini banyak mendatangkan reaksi negatif dari para player. Hal tersebut bukan sebatas omong kosong, namun telah dibuktikan melalui grafik data. Sempat naik secara signifikan sejak perilisan pertamanya tanggal 6 Juli lalu, kini rating Pokemon GO justru terjun bebas dan nyaris menyentuh bintang satu.

Hal ini tak lepas dari kemarahan para fans yang lantas memberi rating rendah di kolom review Google Play. Kemarahan fans bukannya tak beralasan. Jika betul-betul diperhatikan, ada beberapa kesalahan fatal yang dilakukan pihak Niantic Labs sejak perilisan perdana Pokemon GO di wilayah Amerika, Australia, dan New Zealand.

fans kecewa dengan update pokemon go

Kesalahan pertama adalah lambatnya perbaikan server. Sebagai game online (yang akan) popular dan mendunia, seharusnya Niantic Labs menyediakan kapasitas server yang lebih besar. Namun kenyataannya player harus terus-menerus gagal login karena alasan server overload. Hal ini makin diperparah dengan maraknya player yang nekat menggunakan APK file tak resmi untuk bermain Pokemon GO.

Untungnya persoalan server sempat reda dan mulai stabil ketika Niantic Labs memunculkan fitur pawprints (jejak kaki) untuk menunjukkan seberapa dekat jarak player dengan sebuah Pokemon. Meskipun dinilai sangat membantu, namun fitur ini juga tak lepas dari protes tentang three-steps glitch. Lagi-lagi Niantic Labs terkesan tak mempedulikan keluhan player tentang glitch tersebut.

Developer pihak ketiga muncul sebagai pahlawan yang membantu player mengumpulkan Pokemon melalui beberapa aplikasi tracking, seperti PokeDetector App. Namun karena dianggap ilegal, Niantic Labs langsung memusnahkan aplikasi tersebut. Dan melalui update-nya kemarin, mereka justru menghilangkan fitur pawprints. Tindakan terakhir ini yang membuat kemarahan player memuncak.

pernyataan niantic labs terkait update pokemon go

Belum lagi persoalan baru yang muncul, salah satunya laporan dari ribuan player yang kehilangan ID-nya setelah melakukan update. Meskipun Niantic Labs telah memberi pernyataan resmi mengenai kasus tersebut, namun kesalahan demi kesalahan perlahan menghilangkan kepercayaan dari player. Beberapa turut menganggap kesalahan ini terjadi akibat buruknya komunikasi antara pihak Niantic Labs dan player.

Namun Niantic Labs akhirnya angkat bicara dan menjelaskan bahwa mereka membaca seluruh email dan mendengar jeritan frustasi para player. Mereka beralasan bahwa kurangnya info yang diberikan akibat mereka sedang sibuk meningkatkan fitur dan sistem dalam Pokemon GO. Mereka juga memohon kesabaran para player dan meminta mereka untuk tetap bermain Pokemon GO.

Penjelasan Niantic Labs tersebut dirasa belum cukup jika tak dibarengi dengan tindakan cepat sebelum keadaan semakin buruk. Beberapa menyarankan agar mereka segera menghadirkan fitur-fitur penting dalam Pokemon GO yang diperlihatkan dalam video trailer dan dijanjikan sebelum perilisan. Dengan terwujudnya fitur tersebut, mungkin saja kemarahan player bisa diredam dan rating Pokemon GO bisa kembali naik.

Selain itu Niantic Labs juga bertindak tegas kepada para pemain yang curang, baru-baru ini Niantic Labs Berikan Sanksi Kepada Player Pokemon GO Pemilik Articuno.

.