Quick, Draw!: Game Eksperimen Seru Dari Google Ini Layak Dicoba

| Oleh: Yudi | 19 Nov 2016 - 6:00 AM
137
0
game eksperimen google quick draw

Google selama ini lebih dikenal melalui beberapa software dan fitur yang berhubungan dengan internet maupun media sosial. Dimulai dari mesin pencari (search engine) Google.com, Google Chrome, Google Mail, Google+, Google Drive, hingga Google Map, dan masih banyak lagi. Namun aktivitas mereka tak berhenti sampai di sana.

Terobosan dalam bidang teknologi dan gadget juga menjadi salah satu agenda mereka. Salah satu hasilnya adalah smartphone canggih Nexus (Google Nexus). Sejak tahun 2013, Google bahkan sudah mengembangkan smartphone modular yang bisa “dibongkar-pasang” seperti LEGO.

kecerdasan buatan google mampu menebak gambar

Namun baru-baru ini Google kembali membuat sebuah percobaan yang terbilang cukup menarik. Percobaan bernama Quick, Draw! ini merupakan ide dari Google Experiments yang bertujuan untuk pengembangan A.I (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan milik Google. Seperti namanya, Quick, Draw! berfokus pada interaksi melalui aktivitas menggambar.

Idenya sangat sederhana, namun cukup membuat ketagihan. Di dalam situs ini, kita diharuskan menggambar enam objek berbeda yang diberikan. Disediakan waktu selama 20 detik untuk menggambar satu objek. Ketika menggambar nanti, A.I akan mencoba menebak objek apa yang sedang digambar melalui back sound.

Di sini, lah letak keseruannya. Karena meskipun kita sudah berusaha menggambar objek sesuai yang diperintahkan, namun tak jarang juga A.I salah menebak. Entah gambar kita yang kurang bagus atau memang pengembangan A.I yang belum sempurna, tapi hal ini tentu membuat cukup penasaran dan jadi ingin mencoba menggambar lagi.

uji kemampuan menggambar di game quick draw

Setelah selesai menggambar enam objek tersebut, kita diperlihatkan gambar apa saja yang berhasil ditebak oleh A.I yang disebut Neural Network tersebut. Kita juga bisa melihat hasil gambar dari orang lain atau men-share hasil gambar kita ke berbagai sosial media, seperti Twitter, Facebook, atau G+.

Percobaan atau eksperimen ini bisa menjadi alternatif untuk sekedar iseng mengisi waktu luang, apalagi bagi kalian yang hobi menggambar. Dengan mengikuti Quick Draw ini, hitung-hitung kalian juga sekaligus mengajari Neural Network agar bisa mengenali berbagai objek gambar. Penasaran? Langsung saja coba di situs Quick, Draw!. Awas ketagihan, ya!