Presiden Nintendo of America: Tenang, Nintendo Switch Bukan Pengganti 3DS!

| Oleh: Kylo | 17 Jan 2017 - 6:59 AM
339
0
nintendo switch ditujukan buat dewasa muda

Ketika pertama kali diperkenalkan kepada dunia, elemen portable Nintendo Switch menjadi salah satu kelebihan utamanya. Di satu sisi. mode handheld dari Nintendo Swith menjadi sebuah nilai plus. Namun di sisi lainnya banyak yang beranggapan bahwa mode handheld ini di masa mendatang bisa menggantikan atau menggusur keberadaan dari handheld game terpopuler saat ini, yaitu Nintendo 3DS.

Untuk menjawab keresahan para pemilik dari Nintendo 3DS, Reggie Fils-Aime, Presiden dari Nintendo of America lewat wawancaranya dengan CNET dan juga Wired menjelaskan bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan. “3DS masih memiliki umur yang panjang,” begitu kata pria tinggi besar yang mulai menjabat menjadi COO Nintendo of America mulai tahun 2006 silam.

Fils-Aime juga menambahkan bahwa Nintendo masih akan membuat game-game 3DS terbaru yang beberapa diantaranya akan diumumkan melalui event E3 tahun ini yang akan berlangsung di bulan Juni. Lagipula, walau sekilas konsep portabel dari Nintendo Switch ini serupa dengan Nintendo 3DS. Namun sebenarnya game sistem terbaru dari Nintendo yang akan segera hadir beberapa bulan lagi itu sebenarnya adalah sebuah “home console.” 

nintendo 3ds ditujukan buat konsumen lebih muda

"Faktor bentuk menjadikannya (Nintendo Switch) terlihat seperti itu (tablet). Tapi.....sebenarnya Nintendo Switch adalah konsol rumahan yang bisa kamu bawa dan mainkan di mana saja bersama siapa saja," jelas Fils-Aime.

Nintendo Switch memang bisa menjadi banyak hal, ia bisa menjadi home console ketika diletakkan di Nintendo Switch Dock. Dan ketika di-undock bisa menjadi handheld lalu ketika kedua Joy-Connya dicopot dari konsolnya maka bisa menjadi tablet/mini-TV portable. Tapi sekali lagi seperti yang telah diinformasikan oleh Reggie Fils-Aime, Nintendo Switch sejatinya adalah sebuah home console.

Satu lagi poin penting yang membedakan Nintendo Switch dengan Nintendo 3DS adalah target penggunanya. Bisa dilihat dari trailer preview perdananya, tidak ada anak-anak disana.

"Dengan game seperti Zelda, Kart, dan Xenoblade, Saya rasa konsumen Switch lebih kepada dewasa muda dengan pendapatan yang cukup," ungkap Fils-Aime. Jadi jelas sudah target pengguna dari Nintendo Switch adalah mereka yang berusia remaja ke atas dan untuk Nintendo 3DS targetnya adalah untuk gamer yang berusia jauh lebih muda.

nintendo switch bukan pengganti 3ds

Pemisahan target pengguna itu tidak menjadi sebuah batasan solid yang permanen. Pria yang terkenal dengan julukan “Regginator” juga menyatakan bahwa "Pada akhirnya, kami ingin semia orang dari semua usia bergabung melalui Mario dan Zelda serta konten lain yang tersedia untuk kedua platform."

Nintendo Switch akan dirilis pada tanggal 3 Maret 2017 bersama lima game pendampingnya yang mulai tersedia pada hari yang sama dengan kehadiran Nintendo Switch. Kelima game tersebut adalah Legend of Zelda: Breath of the Wild, 1-2 Switch, Super Bomberman R, Skylanders Imaginators dan Just Dance 2017.

Masih soal game Nintendo Switch, ternyata dari genre fighting ada Game Ultra Street Fighter II Untuk Nintendo Switch Hadirkan Evil Ryu dan Violent Ken.