Pre-Event Ennichisai 2016: Apa Saja Keseruan di Pesta Budaya Jepang Tahun Ini?

| Oleh: Yudi | 11 May 2016 - 7:59 AM
157
0
mikoshi dan odori di ennichisai

Untuk kalian yang suka atau penasaran dengan acara bernuansa budaya Jepang, coba luangkan waktu di akhir pekan besok. Karena salah satu acara budaya Jepang paling besar akan kembali hadir, apalagi kalau bukan Ennichisai. Menginjak tahunnya yang keenam, Ennichisai 2016 besok akan mengusung tema Miracle, Power of Love. Apa saja, sih yang bisa kalian saksikan di acara tahunan ini?

Ennichisai sendiri identik dengan Japan’s Shopping District Festival, di mana akan ada banyak sekali booth yang menyediakan berbagai pernak-pernik bernuansa Jepang. Mulai dari kuliner, aksesoris, fashion, hingga informasi tentang Jepang. Tahun ini pun sepertinya booth kuliner akan lebih variatif, jadi pastikan kalian mencoba seluruh jajanan ala Jepang yang ada di Ennichisai.

clas:h stage

Acara budaya Jepang tak lengkap tanpa mengangkat sisi budaya tradisionalnya. Dan untuk mengenalkan budaya tradisional Jepang, Ennichisai telah menyiapkan dua acara menarik yang akan ditampilkan melalui stage performance (panggung) dan street performance (jalanan). Ini adalah kesempatan baik bagi kalian untuk mengetahui budaya tradisional Jepang yang umum secara langsung.

Penampilan ini meliputi berbagai tarian tradisional Jepang (Odori), seperti Yosakoi, Nihon Buyou, dan Shishimai. Lalu ada juga penampilan alat musik tradisional Jepang, seperti Wadaiko, Eisa, Shamisen, dan Koto. Tak ketinggalan juga iring-iringan Oiran Dochu dan pastinya Mikoshi, sebuah tandu suci berbentuk kuil milik agama Shinto, yang akan diarak mengelilingi area Ennichisai dalam beberapa jam sekali. Kalian juga bisa mengikuti langsung prosesi upacara minum teh yang terkenal itu di acara ini.

Selain budaya tradisional, Ennichisai turut membawa budaya modern atau pop culture. Panggung khusus pop culture kembali berkolaborasi dengan event CLAS:H yang tentunya memiliki konten beragam. Dimulai dari CLAS:H Single Cosplay Competition, Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP), World Karaoke Grand Prix – Indonesia Region, dengan hadiah utama yang jumlahnya fantastis, yaitu 10 juta Rupiah. Para pemenangnya juga akan mewakilkan Indonesia dalam kompetisi tingkat dunia.

Tak hanya kompetisi cosplay dan karaoke, panggung ini juga akan dipadati sederetan Idol Group dan band, seperti Love Android, Faint*Star, SAGA, Hiroaki Kato, REDSHiFT, dan masih banyak lagi performer lainnya. Biasanya CLAS:H Pop Culture Stage ini selalu ramai, jadi pastikan datang lebih awal agar bisa menyaksikan para peserta kompetisi dan bintang tamu yang tampil dengan jelas.

bintang tamu ennichisai

Jangan lupa juga untuk membawa kamera kalian, karena akan ada banyak sekali objek menarik yang bisa direkam. Bisa jadi kalian akan bertemu cosplayer dengan karakter favorit kalian di acara ini. Atau kalian mendapatkan kesempatan untuk berfoto bersama bintang tamu dan idola kalian.

Itu tadi tiga hal yang bisa kalian saksikan di Ennichisai 2016. Tentunya masih banyak lagi hal lain yang lebih menarik dan seru untuk disaksikan langsung. Acara ini berlokasi di sepanjang kawasan Blok M dan Melawai dan berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 14–15 Mei 2016. Tak perlu membayar sepeser pun, karena acara ini memang gratis. Jadi tunggu apalagi? Di Ennichisai kalian bisa jalan-jalan, belanja, kuliner, belajar dan mencari hiburan serba Jepang tanpa harus pergi ke Jepang! Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa melihat di Page Facebook atau situs resmi Ennichisai 2016.

.