PowerUp Toys FPV: Pesawat Kertas Dengan Kemampuan Ala Drone

| Oleh: Willy | 17 Oct 2015 - 12:00 PM
110
0
powerup toys fpv dikendalikan via google cardboard

Apa sih istimewanya pesawat kertas? Cuma bisa diterbangkan dengan cara dilempar dan enggak mungkin dikendalikan, kan? Eits, nanti dulu! PowerUp Toys FPV nampaknya memberi arti baru bagi pesawat kertas. Sebab pesawat kertas yang satu ini bukan cuma bisa terbang. Namun juga bisa dikendalikan dan menyajikan video streaming secara real time! Makanya selain sebuah R/C, juga berfungsi sebagai drone.

Nah impian kita untuk mengendalikan pesawat kertas bakal diwujudkan oleh PowerUp Toys FPV. Nampaknya kita harus berterima kasih kepada teknologi yang sudah memungkinkan berbagai perangkat dibuat secara kecil, ringkas dan ringan sehingga bobotnya bisa ditanggung oleh airframe dari kertas. Belum lagi kepada kemajuan aplikasi yang memungkinkan banyak hal terhubung secara online dan real time.

powerup toys fpv

Untuk terbang, pesawat kertas buatan PowerUp Toys ini pada dasarnya mengandalkan sepasang motor listik mungil yang menggerakkan sepasang baling-baling secara mandiri. Sehingga perbedaan putaran antara keduanya dapat mengarahkan pesawat ke kanan atau ke kiri. Sementara untuk menjangkau ketinggian tertentu kedua baling-baling ini dapat diatur untuk secara bekerja secara bersamaan.

Tapi yang paling keren dari PowerUp Toys FPV ini adalah sebuah kamera kecil yang diletakkan di atas kerangka serat karbon. Hebatnya, kamera mungil ini dapat berputar 360 derajat . Selain itu juga mampu menghasilkan live wifi video streaming dengan format 30 frame per detik. Tinggal pilih, rekaman dari kamera selama penerbangan mau disimpan di microSD card yang ada dalam kameranya atau kalau pakai perangkat Virtual Reality kayak Google Cardboard bisa langsung disaksikan secara real time.

drone powerup toys fpv

Asiknya pesawat PowerUp Toys FPV ini mampu dikendalikan sampai jarak 300 kaki (sekitar 91 meteran) sambil memancarkan “siaran” live streaming dari kameranya. Pengendalian bisa langsung dilakukan dari hape atau malah dari perangkat Virtual Reality yang mendukung.

Durasi terbang PowerUp Toys FPV mencapai sekitar 10 menit. Bisa lebih kalau perangkat perekam dan streaming videonya tidak diaktifkan dan menjaga kecepatan tidak melebihi 20 mil perjam (sekitar 32 km/jam).

Hal yang menyenangkan dari proyek kerja sama PowerUp Toys dan Parrot ini adalah dengan perangkat yang ringkas dan ringan kita bisa mendapat fungsi drone berukuran besar. PowerUp Toys FPV bisa mulai di pre-order melalui situs Kickstarter seharga 200 dolar (sekitar Rp 2,7 jutaan) bulan November 2015 ini sementara barangnya baru akan dikirim tahun 2016 mendatang.

.