Popcon Asia 2015: Ajang Pecinta Animasi, Komik, Game, dan Film

| Oleh: Dante | 08 Aug 2015 - 6:50 AM
33
0
booth komik macan putih di popcon asia 2015

Pada event Popcon Asia yang berlangsung di Jakarta Convention Center mulai tanggal 7-9 Agustus 2015 ini kita disuguhi puluhan booth komik lokal, majalah komik animasi, poster, dan lain-lain. Belum lagi berbagai talkshow dan bisa mencoba game baru yang bahkan belum dirilis secara resmi.

Jangan lupa sejak pertama kali digelar hingga saat ini, Popcon Asia memang selalu memfokuskan diri pada perkembangan industri kreatif lokal. Makanya di Popcon Asia 2015 ini kita bisa melihat langsung perkembangan karya-karya lokal yang enggak kalah seru dibanding karya dari manca negara.

kostum tokusatsu lokal gatotkaca web series di popcon asia 2015

Komik Superhero Lokal
Misalnya ada Artist Alley yang terdiri dari lebih 100 seniman. Mereka menghasilkan banyak karya yang keren. Mulai dari komik, animasi, poster, dan pernak-pernik lainnya. Ingat, semuanya karya anak bangsa, loh!

Majalah komik lokal sekarang juga berkembang. Setelah majalah Re:ON dan Shonen Fight, sekarang disusul Rocket dan Kosmik yang hadir perdana secara eksklusif di Popcon Asia tahun ini.

Begitu juga dengan komik lokal bertema superhero seperti Macan Putih, Biru Putra Langit dan komik Gatotkaca karya J-Toku yang akan segera hadir. Di Booth J-Toku kita juga dapat melihat langsung kostum web series Tokusatsu Gatotkaca yang terlihat kinclong dan gagah perkasa. Ada bocoran sedikit melalui sang kreatornya, bahwa selanjutnya Pocongman juga akan dibuat versi web series-nya, nih.

oculus rift gadget virtual reality lokal di popcon Asia 2015

Gadget Virtual Reality Lokal
Kupaman juga langsung jatuh cinta dengan booth Layaria. Soalnya menampilkan test menonton film virtual reality singkat yang bisa disaksikan dengan menggunakan gadget bernama Oculus Rift. Dengan menggunakan gadget tersebut kita bisa masuk ke dalam film pendek bergenre horror supranatural yang disediakan dalam dua versi berbeda. Tentu saja Kupaman ikut mencoba Oculus Rift untuk menyaksikan film menyeramkan itu.

Ternyata menggunakan Oculus Rift, kita bisa menyaksikan tayangan singkat dimana kita bisa melihat film ke segala arah dengan menggerakan kepala kita ke kiri, ke kanan, ke atas dan ke bawah. Nanti bakal ada beberapa sosok menyeramkan yang akan membuat kita terkaget-kaget dengan kehadirannya yang tiba-tiba.

Salah satu crew dari booth ini menginformasikan bahwa kedua film virtual reality singkat di booth ini adalah karya film singkat pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi yang sedang tren di jagat game. Nantinya Oculus Rift juga akan dapat digunakan di konsol Xbox One. 

game assasin's creed syndicate di popcon asia 2015

Game dan Film
Bagi gamer yang mampir ke Popcon Asia 2015 juga bakal tersenyum bahagia melihat di booth Ubisoft. Soanya ada game Assassin’s Creed Syndicate yang bisa dicoba langsung di tempat menggunakan PlayStation 4. Ini jelas keren banget, karena game ini baru akan dirilis secara resmi di seluruh dunia pada bulan Oktober 2015 nanti.

Di panggung utama juga ada beberapa pertunjukan menarik seperti talkshow Line Webtoon Comic Artist bersama Seook Woo, talkshow bersama cast dan crew film I Am Hope yang akan dirilis tahun 2016 mendatang. Juga ada konfrensi pers Sekuel Filosofi Kopi Movie: Ben & Jody bersama aktor Rio Dewanto dan Chicco Jerikho.

Nah, semua yang Kupaman ceritakan itu baru “Day One” kemarin, loh! Masih ada dua hari lagi, yaitu hari ini dan besok. Jangan lupa untuk “Day Two”-nya di main stage bakal ada talkshow bersama Walikota Surabaya Ibu Tri Rismaharini, launching film superhero Indonesia, Valentine oleh Skylar Comics, talkshow Ada Apa Dengan Cinta 2 dan masih banyak lagi. 

.