Pokemon Uranium Resmi Dihentikan Oleh Pembuatnya

| Oleh: Yudi | 17 Aug 2016 - 10:00 AM
341
0
pokemon uranium resmi dihapus

Kehadiran Pokemon Uranium yang diciptakan oleh dua penggemar Pokemon sedang menjadi perbincangan hangat. Tak hanya karena kerja keras sembilan tahun dan berhasil mencuri perhatian 1.5 juta penggemar Pokemon lainnya, namun karena keputusan sang pembuat–yang menamakan dirinya The Uranium Team, untuk menghentikan game tersebut setelah bertahan selama hampir dua minggu.

Dirilis mulai tanggal 6 Agustus 2016 lalu, Pokemon Uranium memang mendapat banyak reaksi yang cukup positif. Forum dalam situs resminya pun sangat aktif. Sayangnya tak demikian bagi pihak Nintendo. Sebagai developer dan pemilik franchise Pokemon, Nintendo mulai menunjukkan kegusarannya.

pokemon uranium dibuat oleh penggemar selama sembilan tahun

Hal tersebut terbukti ketika jumlah pengunduh Pokemon Uranium mencapai 1,5 juta orang. Sejak saat itu, The Uranium Team mengaku banyak mendapatkan peringatan dari kuasa hukum yang mewakilkan Nintendo of America. Khawatir akan menimbulkan masalah hukum yang lebih besar, akhirnya mereka menghapus tautan untuk mengunduh Pokemon Uranium dari situs resminya.

“Sejauh ini kami belum dihubungi secara resmi (oleh Nintendo). Namun maksud dari peringatan ini sangat jelas. Dan kami menghormati permintaan mereka (untuk menghapus Pokemon Uranium),” jelas The Uranium Team. Untungnya, banyak penggemar yang sudah berjaga-jaga dengan kejadian seperti ini. Mereka mengunggah kembali file Pokemon Uranium ke berbagai situs penyimpanan online.

Terkait hal tersebut, The Uranium Team juga menyampaikan pernyataan di situs resmi Pokemon Uranium. Mereka mengatakan tak bertanggungjawab apapun kepada penggemar lain yang mengunggah ulang file Pokemon Uranium. “Kami tak bisa memastikan keaslian file tersebut. Kami mengingatkan untuk berhati-hati saat mengunduh (Pokemon Uranium) dari sumber tak resmi,” tulis mereka.

nintendo hapus game fanmade

Pasca penghapusan tersebut, The Uranium Team masih mengembangkan dan memperbaiki gameplay yang ada dengan merilis patch/update terbaru. Nasib serupa ternyata turut dialami oleh penggemar yang mengembangkan game AM2R: Another Metroid 2 Remake. Sehari setelah perilisan game-nya, Nintendo langsung mengklaim hak cipta yang memaksa game fanmade itu dihapus.

Namun tak semua game fanmade berujung pada penghapusan paksa. Salah satu game fanmade berjudul The Skywind Modding Project berhasil mendapat restu developer aslinya, Bethesda Game Studios. Game ini merupakan remake dari Elder Scrolls 3: Morrowind–yang dirilis tahun 2002 silam. Mereka menggunakan engine dari Skyrim 2011 dalam pengembangannya.