Pokemon GO Indonesia, Komunitas Pemburu Pokemon Berskala Nasional

| Oleh: Yudi | 21 Jul 2016 - 7:30 PM
1076
0
gathering komunitas pokemon go indonesia

Pokemon GO bisa dibilang cukup berhasil menghadirkan aktivitas baru dalam kehidupan sehari-hari. Game smartphone ini dinilai mampu menyatukan sebagian warga di negara-negara maju yang mayoritas penduduknya cenderung sibuk dan kurang bersosialisasi. Contohnya seperti di Sydney, Australia. Tanggal 10 Juli 2016 kemarin, sebanyak 2000 orang memadati area Opera House untuk berburu Pokemon bersama.

Saat ini Pokemon GO baru resmi dirilis untuk Amerika, Australia, New Zealand, Jepang, dan beberapa negara di Eropa. Indonesia tentu tak ingin ketinggalan menikmati euforia serunya berburu Pokemon, meskipun Pokemon GO memang belum dirilis resmi di sini. Hal ini terbukti ketika salah satu komunitas Pokemon GO bernama Pokemon GO Indonesia menggelar acara gathering di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan hari Minggu tanggal 17 Juli kemarin.

Komunitas yang juga akrab disapa POGOINA ini memang bukan sembarang komunitas. Sejak dibentuk dan mulai berjalan dari pertengahan tahun 2015, komunitas yang forumnya berpusat di group Facebook ini telah memiliki lebih dari 70 ribu anggota. Meskipun tak semuanya aktif, namun jumlah tersebut tentu saja tak bisa diremehkan. Apalagi dengan booming Pokemon GO, bisa dipastikan jumlah anggotanya akan terus bertambah. Anggotanya pun tersebar dari berbagai tingkatan umur dan kalangan.

berburu pokemon di gbk

Terbentuknya Pokemon GO Indonesia diawali dengan ide para founder-nya yang ingin menarik minat para gamer untuk bermain Pokemon GO. Menurut mereka, game Pokemon GO adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, apalagi bagi anak-anak yang lahir di era 90-an. Oleh karena itu, selain menarik minat bermain, komunitas ini juga sekaligus mengajak para anggotanya untuk bernostalgia dengan kenangan yang berhubungan dengan Pokemon di masa kecil.

Sebagai komunitas, Pokemon GO Indonesia memiliki beberapa agenda kegiatan, salah satunya seperti gathering perdana hari Minggu kemarin. Meskipun judulnya perdana, namun panitia mengaku puas karena jumlah yang hadir di lokasi melebihi ekspektasi dan sempat memenuhi Pintu VII GBK. Tentunya ini bukan gathering terakhir, karena panitia juga tengah mempersiapkan gathering atau event berskala lebih besar. “Rencananya kami akan membuat event lebih besar. Mungkin ketika Pokemon GO sudah resmi dirilis di sini,” ujar Kak Sulhan selaku salah satu admin.

Hingga kini, gathering menjadi salah satu agenda penting. Melalui gathering, para anggota bisa saling mengenal dan bertukar informasi dengan lebih jelas dan nyaman. “Acara gathering itu selain hunting Pokemon, kita juga bisa sekalian olahraga, diskusi, atau bahkan melakukan jual-beli barang-barang Pokemon,” jelas Kak Sulhan. Tak heran jika acara gathering menjadi yang paling ditunggu-tunggu, terutama bagi pemula. Mereka bisa bertanya seputar troubleshooting aplikasi Pokemon GO, tips dan trik, atau sekedar berkenalan dan menambah teman untuk hunting.

keseruan dalam komunitas pokemon go indonesia

Komunitas yang kegiatannya berpusat di Jabodetabek ini juga memiliki wakil di beberapa kota besar di Pulau Jawa. Seperti Semarang, Wonogiri, Bandung, Surabaya dan regional Jawa Timur. Selain itu, para anggota komunitas ini juga terbagi dalam beberapa tim (clan) Pokemon GO, yaitu Team Valor, Mystic, dan Instinct. Sebagai komunitas berskala nasional, Pokemon GO Indonesia memiliki target untuk mengadakan gathering nasional. “Mimpi kami adalah mengumpulkan seluruh regional dan mengadakan battle di GBK. Tapi itu perlu proses yang panjang,” jelas Kak Sulhan.

Terkait belum resminya Pokemon GO dirilis di Indonesia, mereka merasa tak ada yang perlu dipermasalahkan. Menurut Kak Sulhan, Pokemon GO adalah free game, jadi semua bisa download APK file-nya dari pihak ketiga. “Yang penting download-nya jangan sembarang biar aman. Mainnya juga harus waspada, ikut peraturan, dan yang terpenting jangan main di sembarang tempat,” tambahnya.

Pokemon GO Indonesia juga turut berharap agar komunitas ini bisa menjalin tali persaudaraan antara sesama anggota dan trainer lain di seluruh Indonesia. Tak hanya persaudaraan sebatas Pokemon GO, namun dalam berbagai aspek lainnya. Dan pastinya masih banyak hal lain yang bisa didapat ketika menjadi anggota dari komunitas Pokemon GO Indonesia. Untuk bergabung pun syaratnya tak sulit, cukup memiliki akun Facebook dan memiliki minat terhadap Pokemon.

Berminat bergabung? Join aja ke group Facebook Komunitas Pokemon GO Indonesia

Oh iya, jangan sampai ketinggalan info menarik, yah. Soalnya Nama-Nama Pemimpin Tim di Pokemon GO Sudah Terungkap!

.