Pokedrone, Drone Khusus Bagi Player Pokemon GO

| Oleh: Yudi | 18 Jul 2016 - 6:45 AM
363
0
bermain pokemon go dengan drone

Meskipun memang menyenangkan, namun bermain Pokemon GO ternyata susah-susah gampang. Salah satunya berupa tantangan untuk menangkap Pokemon atau menuju ke Gym dan Pokestop yang lokasinya agak mustahil dijangkau dengan berjalan atau melalui darat. Seperti yang dialami oleh dua perempuan asal Selandia baru ini. Mereka rela mendayung ke tengah lautan untuk merebut Gym.

Intinya, Pokemon GO memang membuat para trainer mati-matian melakukan apa saja demi menangkap Pokemon, merebut Gym dan menjadi trainer sejati sampai-sampai banyak yang menemui Kejadian-kejadian Aneh Seputar Game Pokemon GO: Nyari Pokemon Malah Nemu Mayat! Melihat kondisi tersebut, sebuah perusahaan gadget asal Belanda membuat inovasi cemerlang yang bisa membantu para player Pokemon GO.

drone mini untuk bermain pokemon go

Perusahaan ini bernama TRNDlabs, dan line-up produk mereka sebagian besar didominasi oleh nanodrone (drone berukuran kecil). Minggu ini mereka merilis nanodrone baru yang dinamakan Pokedrone. Sesuai namanya, nanodrone ini tentu saja dikhususkan untuk para player Pokemon GO. Mereka menggunakan tekhnologi WiFi untuk menghubungkan smartphone ke Pokedrone.

Ketika smartphone dan Pokedrone telah terhubung, aplikasi Pokemon GO akan menggunakan kamera dan GPS dari Pokedrone. Gadget ini dilengkap kontroler yang mudah dan fitur auto take-off and land. Jadi tak perlu khawatir Pokedrone akan jatuh sekalipun tak mahir menerbangkannya. Pokedrone juga mampu terbang dalam posisi diam (hovering), sehingga memudahkan utnuk menangkap Pokemon.

Terlihat mudah dan menyenangkan, ya? Namun beberapa situs gadget mengatakan bahwa Pokedrone berpotensi terkena masalah terkait hak cipta. Menjual produk dengan nama “Poke” di dalamnya berarti harus dengan seizin Nintendo selaku pemilik hak cipta franchise Pokemon. Selain itu, smartphone yang digunakan sepertinya harus di-rooting lebih dulu agar kompatibel dan maksimal dengan fitur Pokedrone.

penampakan set pokedrone

Tak hanya itu, beberapa netizen berpendapat penggunaan drone termasuk dalam tindakan curang (cheating). Mereka menuduh Pokedrone menggunakan trik GPS palsu (spoofing/fake GPS) untuk mengakali permainan. Menurut mereka, semua hal ini tak sesuai dengan semangat inti dari game Pokemon GO. Apalagi pihak Niantic sedang gencar-gencarnya melakukan sanksi bagi para cheater.

Namun pihak TRNDlabs tak peduli dengan pendapat tersebut. Mereka justru dikabarkan sedang mendekati pihak Nintendo untuk melakukan kerjasama terkait Pokedrone dan Pokemon GO. Jika tertarik membeli Pokedrone, ikuti terus info dari mereka melalui Twitter, Facebook, dan Instagram. Karena hingga kini TRNDlabs belum mengumumkan tanggal rilis dan harganya.