Perusahaan Figure Asal Jepang Kembangkan Boneka Robotik Hatsune Miku

| Oleh: Yudi | 11 Sep 2016 - 7:00 AM
129
0
boneka canggih hatsune miku

Jepang memiliki banyak sekali karakter ikonik yang diambil dari anime, manga, atau game. Namun bagi pecinta musik sekaligus J-Pop culture, tentu nama Hatsune Miku bukan sesuatu yang asing. Visual idol berwujud perempuan dengan rambut twintail warna hijau ini memang memiliki penggemar sendiri yang jumlahnya terbilang banyak dan tersebar di seluruh dunia.

Popularitas dan fenomena Hatsune Miku tak perlu diragukan lagi. Karena dirinya bersama Vocaloid–sebuah genre music yang diperkenalkan oleh musisi bernama Kikuo, telah masuk dalam buku literatur terbitan The University Oxford. Miku juga akan muncul dalam buku pelajaran SMA di Jepang mulai tahun depan.

kartu kredit khusus berdesain miku

Diciptakan oleh Crypton Future Media dan muncul pertama kali di tahun 2007, tanggal 31 Agustus kemarin Miku resmi berumur sembilan tahun. Layaknya karakter popular, gadis hologram ini juga mendapat banyak sekali project ulang tahun sebagai bentuk perayaannya. Salah satunya adalah pengembangan boneka robotic yang dilakukan perusahaan figure Volks dan perusahaan teknologi Speecy.

Kerjasama keduanya bertujuan untuk menciptakan boneka robotic spesial dari karakter Hatsune Miku. Memiliki 28 titik artikulasi, boneka ini akan dibekali mini komputer canggih bernama Linux Raspberry Pi 3. Mini komputer ini bertugas membantu koordinasi ke-28 titik artikulasi tersebut bergerak otomatis mengikuti program MikuMikuDance (MMD).

Boneka robotic Miku memiliki tinggi sekitar 60 sentimeter. Untuk memberi kesan realistis, boneka ini diselimuti lapisan serupa tekstur kulit. Project Volks dan Speecy ini berbeda dari project robotic Nendoroid Hatsune Miku yang dibuat Good Smile Company awal tahun 2016–di mana mereka menghadirkan figure Miku yang tak hanya bisa menari, namun juga mampu bernyanyi.

project ulang tahun kesembilan hatsune miku

Penampakan dan detail dari boneka robotic Hatsune Miku ini akan diungkap dalam event Magical Mirai 20016 yang berlangsung di Makuhari Messe, Chiba, tanggal 9–11 September 2016 ini. Dilihat dari ukuran dan spesifikasinya, mungkin boneka ini sedikit mirip dengan Mirai Suenaga dan teman-temannya–Smart Doll buatan Danny Choo.

Selain project pengembangan boneka robotic, di ulang tahunnya yang kesembilan Miku juga mendapat software baru bernama Hatsune Miku V4X, album 9th anniversary, dan masih banyak lagi. Baru-baru ini bank asal Jepang, Sumitomo Mitsui dan MasterCard, bekerjasama dengan Crypton Future Media juga merilis kartu kredit khusus berdesain Hatsune Miku.